Perhatikan Hal-hal Penting Ini Saat Membuat Kantor Minimalis

Jika kita perhatikan, sekarang ini di Indonesia, terutama di Jakarta, semakin banyak bermunculan kantor minimalis. Ini disebabkan oleh semakin banyaknya orang yang membuka startup, event organizer (EO), perusahaan jasa forwarding,  dan usaha lain yang mengharuskan mereka memiliki kantor sendiri, meskipun kecil-kecilan.

Bila Anda salah satu orang yang ingin membuka usaha di atas untuk meraup pundi-pundi rupiah, ada baiknya Anda menyimak tips dari kami dalam mempersiapkan kantor minimalis untuk usaha Anda.

  1. Pilih lokasi yang strategis

Memilih lokasi yang strategis memang tidak mudah. Selain banyak diburu, lahan atau gedung yang tersedia pun sangat terbatas. Alhasil, harga beli atau harga sewanya pun menjulang tinggi sehingga kebanyakan orang akan langsung menarik diri dari membuat kantor minimalis di lokasi yang strategis ini.

Tapi jangan khawatir! Lokasi yang strategis bukan hanya lokasi yang sudah populer yang berharga mahal. Sebagai alternatif, Anda bisa mencari tempat lain yang memenuhi syarat. Lokasi kantor minimalis bukan berarti harus di keramaian saja. Anda juga harus memikirkan kemudahan akses bagi Anda, karyawan, dan para konsumen. Lokasi ini setidaknya dekat dengan akses tol atau akses-akses kendaraan umum, seperti stasiun kereta api, terminal bis, atau bahkan ruas jalan yang dilewati angkot banyak jurusan.

  1. Bangunan harus memenuhi kebutuhan usaha

Sebagian orang kadang kurang memperhatikan hal ini saat merintis atau membangun kantor minimalis. Imbasnya, kantor pun terasa sempit dan terkesan berdesak-desakan. Agar tidak seperti ini, dari awal Anda harus memikirkan berbagai kebutuhan usaha Anda, seperti ruang untuk menaruh komputer, printer, meja, dan kebutuhan lainnya. Selain itu, pikirkan juga berapa besar daya listrik dan berapa banyak furniture yang diperlukan.

  1. Ruang untuk beristirahat

Ruangan ini memiliki fungsi yang cukup penting. Ruangan ini bisa dipakai untuk menerima tamu, tempat beristirahat karyawan pada jam istirahat, dan jika sedang sepi atau stuck bisa digunakan untuk melepaskan penat dan bertukar pikiran.

Anda juga bisa memanfaatkan ruangan ini untuk meeting dengan klien atau bisa juga jadi tempat pengaduan karyawan yang sedang bosan di meja kerjanya. Banyak hal yang bisa dilakukan di ruangan ini untuk membuat suasana kerja lebih menyenangkan dan lebih asyik.

  1. Adakan syukuran

Setelah melewati berbagai tahap, mulai dari memilih lokasi dan tata letak ruangan hingga instalasi listrik, komputer, dan printer, kini kantor minimalis Anda pun siap untuk ditempati dan memulai usaha Anda. Tapi sebelum Anda memulai berbagai aktivitas di sana, ada baiknya Anda mengadakan selamatan atau syukuran terlebih dahulu agar usahanya lancar dan barokah. Meskipun minimalis, semoga bisa mengantarkan Anda ke gerbang kesuksesan.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *