Perlengkapan, Alat-Alat Kantor yang Ukurannya Kecil Namun Fungsinya Besar

Alat-alat kantor adalah barang-barang yang dibutuhkan untuk menunjang pekerjaan. Berdasarkan ukurannya, peralatan kantor bisa dibedakan menjadi tiga jenis yaitu: peralatan yang ukurannya besar, sedang dan kecil.

Dalam artikel ini kita akan membahas peralatan kantor yang ukurannya kecil namun manfaatnya sangat membantu aktivitas dan kegiatan kantor berjalan lancar. Apa saja alat-alat kantor yang ukurannya kecil? Simak ulasannya berikut ini:

Kertas

Kertas terbuat dari serat yang diolah sedemikian rupa hingga rata dan tipis. Kertas digunakan sebagai media utama untuk menulis, mencetak dan melukis dan banyak kegunaan lainnya dari kertas. Ada banyak jenis kertas yang bisa dibedakan dari bahan dasar yang digunakan hingga fungsinya, misalnya: kertas kado, poster, buku tulis dan lain sebagainya.

Pensil dan Ballpoint

Pensil dan ballpoint adalah perlengkapan untuk menulis. Perbedaannya pensil lebih fleksibel digunakan dan bisa dihapus sedangkan pulpen tidak bisa dihapus karena menggunakan tinta.

Penggaris dan Penghapus

Penggaris adalah alat untuk mengukur, biasanya digunakan sebagai alat bantu menggambar. Ada banyak jenis penggaris, mulai dari yang lurus, segitiga dsb. Bahan penggaris ada yang terbuat dari logam, plastic dan berbentuk pita.

Baca Juga:MENGENAL APA MANFAAT DAN BAGAIMANA CARA PENANGANAN ALAT – ALAT KANTOR

Sedangkan penghapus adalah alat tulis berupa karet lembut. Fungsinya untuk menghilangkan tanda yang dihasilkan oleh pingsil. Penghapus bisa juga merujuk pada penghapus papan tulis.  Sedangkan penghapus untuk tanda yang dihasilkan oleh ballpoint adalah tipe-X yaitu penghapus berupa cairan berwarna putih susu.

Penjepit Kertas

Penjepit kertas atau lebih dikenal dengan sebutan klip adalah alat untuk menyatukan lembaran kertas. Kertas yang di jepit bisa dibuka dan dipasang lagi dengan mudah. Penggunaan klip lebih praktis dibandingkan stapler atau lem, selain itu penggunaan klip tidak merusak kertas. Klip biasanya berupa kawat tipis kecil yang dibengkokkan menjadi bentuk oval atau segitiga. Bahan yang digunakan biasanya dari logam dan plastik.

Stopmap atau Map

Map atau stopmap adalah tempat untuk menyimpan dokumen atau kertas. Ada map yang terbuat dari bahan karton tebal dilengkapi penjepit besi di dalamnya, ada juga map yang terbuat dari plastik. Biasanya map digunakan untuk menaruh dokumen yang sudah di spesifikasikan sehingga tidak berceceran kemana-mana.

Stapler

Stapler atau stapler adalah alat untuk menyatukan beberapa jumlah kertas. Caranya dengan memasukkan staples yang bentunya U yang terlipat  di bagian bawah kertas. Walaupun kecil, kehadiran alat ini sangat membantu pekerjaan.

Selain peralatan yang disebutkan di atas, masih banyak alat-alat kantor kecil lainnya yang membantu pekerjaan, seperti : gunting, selotip, lem dan lain sebagainya. Karena bentuknya kecil maka penggunaannya harus apik dan disimpan kembali pada tempatnya jika sudah atau tidak digunakan lagi.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *