Perlengkapan Kantor yang Sering Dianggap Sepele namun Besar Fungsinya

Di kantor agar aktivitas bisa berjalan dengan baik maka dibutuhkan perlengkapan kantorBanyak jenis perlengkapan yang memiliki fungsi sendiri-sendiri dan ukuran serta harga yang bervariasi. Salah satu jenis perlengkapan untuk kantor yang banyak dimiliki adalah kertas karena kertas digunakan sebagai tempat menulis sedangkan pensil dan bolpoin atau pena digunakan sebagai alat untuk menulis atau menggambarkan sesuatu. Ada ragam jenis perlengkapan untuk kantor yang sering dianggap sepele namun sering juga dibutuhkan.

Pertama adalah penghapus dan tipe-x. Banyak yang tidak memiliki penghapus walaupun memiliki pensil sebagai salah satu perlengkapan di kantor yang diletakkan di meja kantor atau di dalam tempat pensil. Fungsi penghapus adalah untuk menghapus sehingga goresan pensil bisa bersih dari kertas. Ada beberapa jenis penghapus yang bisa digunakan di berbagai jenis kertas. Sedangkan tipe-x bisa dipergunakan untuk menghapus tinta misalnya goresan pena atau hasil print out. Ada jenis tipe-x yang cair yang lebih efektif untuk menutup kesalahan di kertas dalam jumlah yang besar dan ada yang berbentuk pita untuk area kesalahan yang sedikit misalnya untuk mengoreksi 1 kata.

Kedua adalah penjepit kertas. Perlengkapan kantor ini bermanfaat untuk menyatukan lembaran kertas untuk sementara waktu. Ada jenis paper clip yang bentuknya kecil yang terbuat dari kawat yang dibengkokkan dan ada yang ukurannya besar atau yang disebut juga dengan binder clip yang memiliki daya jepit yang lebih kuat yang umumnya dipergunakan untuk menjepit tumpukan kertas misalnya untuk skripsi.

Baca Juga: HARGA PERLENGKAPAN KANTOR MINIMALIS TERMURAH DAN TERBARU JANUARI 2017

Ketiga adalah amplop. Pembungkus surat ini biasanya dipergunakan sebelum surat yang ada di dalam amplop tersebut di kirimkan ke pihak tertentu. Amplop juga dipergunakan untuk menyimpan barang kecil ataupun uang misalnya uang gajian. Untuk memberikan kesan yang lebih formal, pada luar amplop diberi kop surat sehingga pihak yang menerima amplop tersebut tahu asal dari surat yang dikirimkan tersebut.

Perlengkapan kantor yang lainnya yang kerap dianggap sepele namun memiliki manfaat yang besar yaitu

  • Tinta print. Tanpa tinta print, Anda tidak bisa melakukan pencetakan dokumen atau gambar dari file yang ada di komputer. Tinta print bisa disesuaikan dengan jenis printer yang dipergunakan dan umumnya tinta printer memiliki 4 warna utama yaitu CMYK (cyan, magenta, yellow, key/black).
  • Media penyimpanan file yang bisa berbentuk flash disk, harddisk, memori card/SD card.
  • Stop map yang biasanya digunakan agar kertas atau dokumen tidak rusak dan tertekuk. Perlengkapan yang disebut juga dengan map atau holder ini memiliki bentuk yang berbeda.
  • Penggaris untuk mengukur dan alat bantu agar Anda bisa menciptakan garis lurus.
  • Stapler dan staples untuk menyatukan lembaran kertas.
  • Gunting untuk memotong kertas.
  • Lem.
  • Perforator untuk melubangi kertas sebelum dokumen di arsipkan.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *