Permasalahan Cetakan Pada Printer yang Kerap Terjadi

Printer merupakan suatu alat elektronik yang berguna untuk mencetak suatu file yang berbentuk softcopy menjadi bentuk dokumen atau hardcopy. Jika mesin pencetak tersebut dalam kondisi yang bagus sehingga hasil cetaknya juga bagus namun jika alat elektronik tersebut tidak dalam kondisi yang kurang bagus sehingga hasil cetaknya juga tidak bagus bahkan bisa saja Anda mendapati hasil cetakan seperti berikut.

Pertama adalah cetakan yang terpotong. Jika alat pencetak bagus, maka hasil cetaknya tidak terpotong atau bisa tercetak secara penuh. Kesalahan cetak ini umumnya terjadi pada alat cetak jenis dot matrik. Pada alat ini sering terjadi cetakan yang terpotong di satu ataupun di beberapa titik yang menyebabkan cetakan menjadi tidak utuh lagi. Hal tersebut umumnya terjadi karena jarum atau pin pada alat cetak yang tidak lengkap. Kemungkinan lainnya adalah karena adanya kerusakan atau masalah di bagian head, putusnya kabel atau pink konektor carrier katrid dan katrid tinta yang tidak normal.

Kedua adalah cetakan yang melompat-lompat. Masalah ini sering ditemui pada jenis printer dot matrik. Hasil cetakan yang melompat-lompat ini misalnya cetakan dari batas kiri di pinggir kemudian di tengah atau yang lainnya yang membuat seolah-olah batas printer tersebut berpindah-pindah. Kerusakan ini biasanya terjadi karena adanya masalah pada gerakan print head yang tidak lancar dari kiri ke kanan karena rel yang menjadi tempat berjalannya print head kotor. Agar bisa menyelesaikan masalah tersebut maka Anda harus membersihkan bagian yang kotor tersebut.

Baca Juga: REKOMENDASI HARGA PRINTER ALL IN ONE UNTUK KANTOR TERBARU 2017

Cetakan yang belang. Cetakan yang belang ini bisa terjadi tidak hanya di jenis alat cetak injek namun juga pada alat cetak laser. Hal tersebut disebabkan karena toner yang ada id bagian katrid mengalami masalah yaitu tidak menyebar secara merata. Selain itu, faktor lain yang menyebabkan kerusakan tersebut adalah faktor kertas yang dipergunakan, karena bisa saja kertas Anda terlalu lembab sehingga tidak bisa membuat hasil cetakan menjadi sempurna.

Keempat adalah cetakan di bagian printer laser menjadi bergaris hitam ataupun belang-belang hitam. Kerusakan pada alat cetak ini disebabkan karena adanya komponen yang cacat yaitu di bagian drum yang ada di alat elektronik tersebut. drum sendiri merupakan suatu komponen dimana tinta atau toner menempel sebelum tinta tersebut ditempelkan ke media kertas. Kelima adalah hasil cetakan yang cacat. Ada beberapa penyebab baik disebabkan karena alat cetak tersebut ataupun karena faktor software yang ada di komputer. Jika pada software, umumnya terjadi ketidak sesuaian device driver yang dipergunakan dengan jenis alat cetak yang dipakai. Walaupun ada jenis alat cetak tersebut yang tetap bisa berjalan dengan baik ataupun tidak bisa mencetak sama sekali karena perintah cetak dari komputer tidak bisa diterima dan dilaksanakan oleh alat cetak tersebut.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *