Ragam Alat Kantor dan Fungsinya

Ragam Alat Kantor dan Fungsinya—ada banyak sekali alat-alat kantor yang dijumpai di tempat kerja anda. Tentunya masing-masing mempunyai fungsinya tersendiri. Perlengkapan kantor ini biasanya berupa barang-barang kecil dan sangat sering bersinggungan dengan kebutuhan perusahaan.

Berikut Ragam Alat Kantor dan Fungsinya yang bisa anda jadikan bahan penambah wawasan anda.

  • Paper clip

Paper clip atau penjepit kertas adalah peralatan kantor yang berguna untuk manyatukan lembaran-lembaran kertas untuk jangka waktu sementara. Karena fungsinya agar mudah dilepas tidak seperti steples.  Paper clip ini memliki bentuk yang kecil dan beraneka warna. Untuk jumlah kertas yang banyak, biasanya orang-orang office memakai binder clip dengan beragam ukuran. Anda tentu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan anda.

  • Tempat Kartu Nama

Sesuai namanya, wadah kartu nama ini difungsikan untuk menyimpan kartu nama yang biasa ada di atas meja kerja seseorang. Kartu nama sangat berguna sebagai media promosi dan sekaligus sebagai kartu identitas yang mewakili perusahaan. Wadah kartu nama ada beragam bentuk dan bahan yang digunakan. Mulai dari kayu, mika, logam dan lain sebagainya.

  • Stempel

Stempel sepertinya menjadi satu alat kantor yang cukup penting yang ada di kantor. Tak jarang penggunaannya sangatlah sering. Karen asangat berhubungan dengan pngesahan dan korespondensi perusahaan. Stempel juga sebagai alat penguat keputusan pimpinan dan juga sebagai bentuk pertanggungjawaban. Ada berbagai macam bentuk stempel yang digunakan, mulai dari yang berbentuk bulat, oval, kotak dan banyak lagi lainnya.

  • Perforator

Beda loh dengan separator. Alat kantor yang satu ini mempunyai fungsi untuk melubangi kertas atau dokumen, biasanya alat ini dipakai melubangi dokumen sebelum dokumen tersebut diarsipkan.

  • Box File

Box file atau yang sering disebut dengan kotak arsip adalah peralatan kantor yang berupa kotak. Box file biasanya banyak terbuat dari bahan plastik, kardus, multiplex hingga alumunium. Kotak arsip juga memiliki warna yang beragam. Hal ini berguna dalam menentukan peletakkan arsip. Istilah komputernya semacam folder. Agra file-file yang berceceran tersemat dengan rapih sesuai dengan kontennya.

  • LCD Proyektor

Merupakan salah satu peralatan kantor yang paling sering ditemui di ruangan rapat atau presentasi perusahaaan. LCD Proyektor biasanya diletakkan di meja atau dgantung dengan screen yang menggantung pula.

  • Sistem Komputer

Komputer dan teman-teman pendukungnya merupakan salah satu onventaris kantor yang penting. Biasanya komputer untuk kantor disertakan bersama dengan printer dan juga scanner.  Tak jarang juga ada yang disertakan dengan faximille, telepon dan juga modem internet.  Sistem komputer kantoran memang merupakan sebuah kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Antara satu perangkat dengan perangkat lainnya saling mendukung walaupun mempunyai fungsi yang berbeda.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *