Ragam Jenis Media Penyimpanan Dokumen Selain Kotak Folder

Ragam Jenis Media Penyimpanan Dokumen Selain Kotak Folder

Di ruang belajar atau ruang kerja pastinya sangat banyak diantara Anda yang menyimpan alat yang bernama kotak folder bukan. Sarana yang satu ini umumnya memang ditempatkan disana untuk menunjang kebutuhan penyimpanan jadi lebih baik. Dikenal juga dengan istilah map, produk yang satu ini bisa dengan mudah didapatkan di toko alat tulis terdekat. Bentuknya sendiri terbilang praktis terdiri dari 2 buah bags antara bagian belakang dan penutup.

Ragam Jenis Media Penyimpanan Dokumen Selain Kotak Folder 

Jika melihat dari segi pilihan bahannya sendiri juga sangat bervariatif, namun umumnya terbuat dari bahan yang tebal dan kuat. Hanya saja juga ada beberapa bagian yang dibuat dari bahan plastik, teruntuk untuk menjaga agar dokumen nantinya tak akan rusak ketika terkena air. Untuk lebih mudah dalam mengingat isi atau nama dokumen yang ada di dalam folder tersebut. Maka untuk penempatan di sebuah kantor biasanya akan diberikan dengan label-label khusus, berguna di dalam memudahkan untuk melihat isinya. Sehingga nantinya pekerja atau karyawan juga tak akan kesulitan di dalam mencari dokumen yang diinginkan.

Alat penyimpanan dokumen seperti kotak folder ini sendiri ragamnya terbilang begitu banyak, berikut ini yang wajib untuk Anda ketahui, yaitu: 

  1. Stopmap folio, ini adalah model yang banyak dipakai untuk kebutuhan mengirim dokumen atau untuk kebutuhan mengirim lamaran kerja, bentuknya coklat dan dilengkapi dengan adanya kancing penutup untuk membuatnya jadi terkunci dan tidak mudah untuk keluar isinya. Model yang satu ini banyak dijual di pasaran dengan harga relatif murah.
  2. Map snelhecter, ini juga termasuk media penyimpanan, bentuknya seperti sebuah map yang bisa dibuka tutup, bedanya dengan map biasa adalah pada bagian dalamnya, dimana map snelhecter ini memang dilengkapi dengan keberadaan sebuah penjepit, fungsi dari penjepit ini tak lain adalah untuk mengunci agar nantinya dokumen atau isi yang ada di dalamnya tidak akan sampai jatuh keluar. Biasanya setiap model memiliki kapasitas penyimpanan yang berbeda-beda.
  3. Ordner, sebuah map dengan ukuran yang besar dan juga bahannya begitu tebal, dilengkapi dengan adanya penjepit mirip seperti map snelhecter ini, hanya saja ukuran atau jumlah yang dapat ditampung di dalamnya jauh lebih banyak dibandingkan dengan map snelhecter. Untuk menyimpan dokumen didalamnya maka dokumen juga harus di lubangi terlebih dahulu pada bagian yang tepat.

Banyak pilihan jenisnya, biasanya ditujukan untuk kebutuhan penyimpanan jenis dokumen yang berbeda-beda pula. Kotak folder ini biasanya dijual dengan kisaran 100an ribu rupiah, namun sudah bisa dipakai menyimpan banyak dokumen di dalamnya. Tak salah jika banyak yang menjadikannya sebagai pilihan di rumah atau tempat kerja mereka, jadi mempermudah menata dokumen dan menyimpannya.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *