Sejarah Printer dan Fungsinya

Sejarah Printer dan Fungsinya

Perubahan dalam perkembangan percetakan dan alat cetak-mencetak sejak abad ke-14 di Cina. Cina memang salah satu negara yang memiliki sederetan penemuan baru, salah satunya alat cetak atau printer yang akan kita di bahas dalam artikel ini.

Sejarah Printer dan Fungsinya

Siapa lagi yang tidak mengenal produk-produk eletronik dari China, yang mana semua pasaran dari elektronik saat ini didominasi dari China. Pertama bermula dari China berhasil menemukan tinta dengan block printing dan itu bagian yang sangat penting dari printer. Namun Cina belum bisa bangga berbagai temuannya karena Eropa juga menemukan lebih efisien dari produk China.

Salah satu jenis  alat cetak yang sangat sering kita temukan pada instansi-instansi, karena alat cetak tersebut sangat tepat untuk mencetak teks yang berupa dokumen kantor atau lembaga bahkan dengan perkembangan zaman yang semakin canggih dan  juga bisa untuk mencetak Photo dan berbagai jenis gambar yang hitam putih maupun berwarna.

Tentunya perkembangan saaat ini tidak bisa  lepas dari pertama kali alat cetak ditemukan. Alat cetak ditemukan tahun 1950, berawal dari keinginan sejumlah orang Eropa mencetak dokumen tertulis tanpa harus menunggu lama dan menggunakan proses yang lebih mudah dari mesin ketik.  

Orang yang pertama kali menemukan alat cetak ialah Johannes Gutenberg, pria yang lahir tanggal 3 Februari 1468 meski berprofesi enterpreneur dia yang mengenalkan mesin menjadi printer kedunia pertama kali.

Nah selanjutnya kita membahas apa sih printer itu? Salah satu alat elektromekanis yang dipakai untuk merubah teks tulis ataupun sebuah dokumen grafis dari sata elektronik dan digital untuk menjadi sebuah dokumen kebentuk fisik yang tercetak dalam sebuah kertas.

Menurut pengertian lain, salah satu mesin pencetak yang dihubungkan dengan PC dengan menggunakan kabel atau nirkabel dan diterima input datanya dan terus dengan mencetaknya berupa kertas.

Alat tersebut sudah dilengkapi dengan berbagai fiture yang sudah disediakan bahkan alat cetak ini bisa dibuat mencetak berbagai macam jenis dokumen dari hitam dan putih, berwarna, cetak grafis, bahkan saat ini bukan hanya mencetak dikertas akan tetapi saatini sudah bisa mencetak di kanvas banner.

Selanjutnya memahami fungsinya

Sesuai dengan pengertian dan definisi dari alat cetak sebagai alat pencetak yang berfungsi sebagai alat untuk mencetak sebuah dokumen dan berbagai macam gambar desain yang ada dikomputer ke kertas atau media lainnya yang hampir sama. Seiring perkembagan zaman riner bisa berfungsi sebagai alat cetak untuk Photo, banner, spanduk , stiker dan sablon.

Selain itu, semakin lebih dikembangkan dengan ditambahi fitur untuk scanner, printer jenis ini biasanya sering digunakan untuk berbagai kantor yang sangat membutuhkan untuk memindahkan dokumen. Yang dimaksuud emindahan dokume tersebut dari data fisik bisa kita pindah menjadi data digital dan didokumenkan.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *