Selain Harga Printer, Ini Tips Pilih Printer yang Tepat

Saat Anda memulai untuk hendak memilih printer, salah satu pertimbangannya adalah harga. Harga printer bisa disebabkan karena kualitas dari mesin cetak tersebut namun juga bisa dari merk, faktor eksternal seperti naik turunnya nilai rupiah akan dolar, ataupun fitur yang ada di printer tersebut. Pertimbangan harga dari mesin cetak tersebut disebabkan untuk meminimalisir kesalahan pembelian printer yang harganya lebih mahal yang bisa menyebabkan Anda menjadi harus mengeluarkan uang yang jauh lebih banyak.

Pertama adalah sesuaikan dahulu dengan kebutuhan Anda. Saat ini Anda sudah bisa menemukan printer yang bisa untuk menduplikasi dokumen ataupun printer untuk melakukan scan. Ada juga printer dot matrix yang dipergunakan untuk mencetak struk pembelanjaan atau pembayaran. Jika akan digunakan untuk mencetak dokumen banyak, Anda bisa pilih printer laser namun jika untuk pribadi namun untuk kebutuhan yang kompleks misalnya scan, copy, pilih yang bisa scan dan copy.

Kedua adalah kondisi dari printer tersebut. Sebaiknya pilih printer yang kondisinya masih baru. Walaupun harga printer yang diberikan lebih mahal namun komponen serta kondisinya lebih terjamin dibandingkan dengan printer yang sudah digunakan. Jika Anda terpaksanya membeli printer yang sudah digunakan atau second, cobalah terlebih dahulu untuk mengecek apakah hasil cetaknya bagus dan tidak ada masalah sehingga Anda tidak tertipu karena sudah membayar terlebih dahulu.

Ketiga adalah tanyakan garansi yang diberikan. Jika printer tersebut dijual dalam kondisi yang baru, maka pasti ada garansi yang diberikan dan sebaiknya pilih yang memiliki garansi resmi, bukan garansi distributor agar Anda bisa melakukan service di tempat service dari merk printer tersebut di mana saja. Jangan lupa untuk menanyakan kapan lama garansi dan untuk kondisi apa printer bisa menggunakan garansi tersebut. Jika Anda membeli printer yang sudah setengah pakai, tanyakan kelengkapan yang dijual serta ada tidak garansinya dan bila ada tanyakan sampai kapan garansi printer tersebut.

Keempat adalah layanan after sales. Pilih yang memberikan pelayanan yang ramah sehingga nantinya saat Anda melakukan service atau perbaikan printer Anda, perbaikan akan menjadi lebih nyaman dan tenang. Kelima adalah jangan lupa tanyakan tempat service resminya. Apakah ada di sekitar tempat tinggal Anda atau tidak. Hal tersebut disebabkan jika printer yang Anda miliki tersebut rusak, Anda tidak perlu mengembalikan ke tempat yang jual untuk diperbaiki sesuai dengan garansi namun juga bisa membuat Anda menjadi lebih mudah. Keenam adalah perhatikan merknya. Merk akan berpengaruh pada harga printer yang diberikan. Semakin terkenal printer tersebut maka umumnya, harganya juga akan semakin lebih mahal. Sehingga untuk mendapatkan printer yang tepat, bandingkan spesifikasi satu dengan yang lainnya serta harganya.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *