Selain Lemari Arsip, Ini Dia Perlengkapan Kantor untuk Simpan Dokumen

Selain Lemari Arsip, Ini Dia Perlengkapan Kantor untuk Simpan Dokumen

Arsip merupakan dokumen penting yang sudah tidak terpakai kembali namun jenis dokumen ini terkadang disimpan di tempat tertentu agar saat dipergunakan, misalnya mencari laporan pengeluaran di bulan Maret, Anda bisa mencari dan mempergunakannya kembali. Fungsi lainnya adalah untuk mempermudah mencari data ataupun menyimpan dokumen, pelindung dari arsip dari kerusakan sehingga tahan lama. Salah satu perlengkapan yang dipergunakan adalah lemari arsip.

 Selain Lemari Arsip, Ini Dia Perlengkapan Kantor untuk Simpan Dokumen

Lemari tersebut memiliki manfaat untuk menyimpan arsip dan umumnya terbuat dari kayu namun ada juga yang terbuat dari besi. Lemari yang digunakan untuk menyimpan dokumen atau arsip ini ada yang tidak memiliki pintu namun ada juga yang dilengkapi dengan pintu dorong, engsel baik yang terbuat dari logam atau kaca. penyusunan dokumen di lemari ini menggunakan cara berdiri menyamping atau lateral dengan dokumen atau arsip yang dimasukkan terlebih dahulu ke orderner atau map sehingga menjaga agar dokumen tidak rusak dan mudah untuk ditemukan.

Selain menggunakan lemari arsip, untuk penyimpanan dokumen penting juga bisa menggunakan perlengkapan berikut ini. Pertama adalah filling kabinet. Jenis lemari ini memiliki beberapa laci dan umumnya memiliki 6 laci. Masing-masing laci dari filling cabinet bisa menampung hingga 5000 lembar arsip yang disusun secara vertical dan berderet ke belakang. Jenis penyimpanan arsip ini digunakan untuk menyimpan arsip atau dokumen yang masih sering digunakan. Penggunaan folder, sebelum disimpan di filling kabinet bisa membuat Anda lebih mudah untuk mencari dokumen yang diperlukan.

Kedua adalah rotary filling system. Salah satu keunggulan dari tempat penyimpanan ini adalah bisa berputar sehingga Anda tidak perlu berkeliling untuk mencari arsip yang dibutuhkan. Kelebihannya yaitu bisa diputar jadi sangat menghemat waktu. Untuk bahan yang digunakan sendiri biasanya menggunakan material besi atau logam sehingga lebih awet. 

Keempat adalah rak arsip. Jenis tempat arsip ini tidak punya pintu sehingga arsip disusun secara menyamping. Arsip dimasukkan terlebih dahulu ke orderner atau ke kotak arsip kemudian kotak diberi label atau penanda mengenai arsip apa saja yang tersimpan di dalam kotak penyimpanan arsip tersebut dengan tujuan untuk memudahkan dalam pencarian arsip. Kelima adalah orderner. Dari perlengkapan untuk penyimpanan arsip, orderner paling sering dijumpai di meja pekerja. Map yang memiliki ukuran punggung atau tebal mencapai 5 cm ini memiliki besi penjepit di bagian dalamnya. Dokumen yang disimpan di orderner harus di lubangi terlebih dahulu dengan menggunakan pelubang kertas atau perforator dan atk ini dapat menyimpan hingga 500 lembar arsip atau dokumen. Namun, biasanya jika orderner sudah memenuhi meja kerja, biasanya akan dipindah untuk disimpan di kardus atau tempat tertentu termasuk di lemari arsip yang diletakkan di ruangan tertentu yang lebih besar.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *