Sofa Murah Jangan Sampai Terlihat Murahan, Inilah Cara Merawatnya

Sofa adalah salah satu jenis perabot yang penting di dalam rumah karena memiliki fungsi sebagai tempat duduk para tamu atau bisa juga tempat duduk santai. Dengan desain sofa yang bagus, maka sofa pun juga bisa sebagai penghias ruangan yang baik. Sofa sendiri kini tersedia dari berbagai bahan material pembuatan mulai dari kulit, katun, dan masih banyak lagi dengan harga yang bervariasi mulai dari sofa murah hingga harga yang mahal sesuai dengan bentuk, ukuran dan material dari sofa itu sendiri.

Namun sofa mahal sendiri bisa terlihat buruk dan mudah rusak jika Anda tidak pernah merawatnya. Namun sofa murah tidak akan terlihat murahan ketika Anda bisa memperlakukan dan merawatnya dengan baik. Berikut ini beberapa tips mudah merawat sofa:

  • Hinarkan sofa dari paparan sinar matahari secara langsung agar warna bisa tetap terjaga dan tidak mudah pudar.
  • Apabila di rumah Anda memiliki binatang peliharaan atau memiliki anak kecil yang kerap bermain di sekitaran sofa, ada baiknya untuk sering membersihkan sofa setiap hari memakai penyedot debu sehingga sofa senantiasa bersih dan terawat.
  • Jemur bantalan pada kursi di bawah sofa di bawah sinar matahari paling tidak seminggu sekali dalam waktu satu jam. Pukul-pukul juga bantalan tersebut sehingga debu yang menempel bisa hilang. Dengan cara ini, maka bantalan bisa menyebar secara rata dan tetap menggembung. Namun tidak boleh terlalu lama menjemur karena bisa membuat warna dan corak pada sofa mudah pudar.
  • Agar sofa bisa terlihat selalu baik seperti ketika pertama Anda membelinya, maka Anda bisa mengganti posisi dalam penempatan bantalan sofa secara teratur.
  • Apabila sofa terkena noda apapun itu, segera bersihkan karena bila Anda menundanya, maka noda yang menempel bisa sulit untuk dibersihkan terutama pada sofa yang terbuat dari bahan sutra, linen, kulit asli ataupun beludru.
  • Jika memang Anda membutuhkan cairan pembersih untuk membantu, maka hindari menggunakan terlalu banyak karena bahan dalam cairan pembersih kerapkali bisa membuat sofa menjadi mudah rusak.

Berbagai macam bahan sofa bukan hanya bisa mempengaruhi harga, namun juga dari segi perawatan. Berikut ini tips membersihkan sofa sesuai materialnya

  • Katun – bersihkan dengan air atau bisa juga dengan disetrika.
  • Polyester – sofa bahan ini akan beresiko jika terkena air sehingga usahakan untuk menghindarkannya dari air.
  • Sutra – sofa bahan ini memang jarang ada di pasaran karena harga yang mahal. Untuk membersihkannya bisa memakai cara dry cleaning sehingga bisa lebih aman. Cara ini juga bisa digunakan untuk sofa bahan wol.

Itulah beberapa tips membersihkan sofa yang perlu Anda ketahui. Baik sofa murah atau mahal sekalipun juga perlu perawatan sehingga bisa tetap awet dan tahan lama.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *