Spesifikasi Standar Komputer Kantor

Spesifikasi Standar Komputer Kantor

Sejak sepuluh tahun terakhir, perkembangan komputer begitu pesar. Sebagai indikator, pada tahun 2000an penggunaan disket masih banyak dimana kapasitasnya sangat kecil hanya sekitar 1,44MB. Kemudian sejak sekitar tahun 2010 sudah mulaia marak penggunaan media penyimpanan digital bernama flash disk yang ukuranya lebih besar dari mulai 1 Gb. Puncaknya pada sekarang, jangankan flash disk, Micro SD pun punya kapasitas hingga 128 Gb.

Spesifikasi Standar Komputer Kantor

Sedikit gambaran tentang perkembangan komputer tersebut, kini penggunaan komputer sudah semakin umum di berbagai bidang dari mulai penggunaan pribadi, pendidikan, hingga perkantoran. Kini sebagian besar perusahaan pasti menggunakan komputer. Penggunaan komputer dalam perusahaan yang pasti ada adalah untuk sistem administrasi dan pembuatan dan pengecekan dokumen secara digital. Komputer sendiri digunakan sebagai alat bantu untuk mengusur administrasi di kantor, namun juga digunakan pula sebagai pencetakan dokumen.

Untuk spesifikasi komputer standar office tidak membutuhkan komponen yang terlalu high-end dan berharga mahal. Akan saya jelaskan beberapa komponen yang utama. Namun untuk gambaran umu berikut ini spesifikasi standar untuk komputer kira-kira sebagai berikut :

  • Prosesor : dual core 2.4 Ghz
  • RAM : 8 GB
  • Hard Disk : 256 GB
  • Kartu Grafis : Integrated (Intel Prosesor)
  • Case PC : Standar Mini ITX
  • Monitor : 19 inch
  • Keyboard+Mouse : Office Series
  • Sistem Operasi : Windows 10 Home

Untuk prosesor, dengan Clock speed  2.4 Ghz dual core sudah cukup untuk kebutuhan kantor. Prosesor yang saya sarankan lebih baik Intel, karena sudah dilengkapi dengan Kartu Grafis Integrated sehingga anda tidak perlu menambah biaya. Untuk prosesor AMD, tidak semuanya dilengkapi dengan kartu grafis. Hanya beberapa seri tertentu saja yang sudah memiliki integrated GPU. Akan tetapi harga prosesor AMD relatif lebih terjangkau dari Intel. Untuk kualitas kurang lebih sama.

Spesifikasi yang kedua adalah RAM, atau disebut sebagai Random Akses Memori. RAM dalam komputer kantor memiliki peranan penting agar kinerja komputer stabil dan tidak mengalami “Lag” atau “Heng” ketika digunakan. Ukuran RAM yang ideal untuk kantor adalah minimal 8GB. Nah untuk tipe memorinya adalah DDR3 sudah mumpuni. Meskipun sudah terdapat DDR4, harganya masih mahal karena terbilang baru, sedangkan untuk masalah performa tidak jauh berbeda.

Komponen yang terakhir yang penting adalah softwere berupa sistem operasi. Sistem operasi ada yang berbayar seperti Windows atau gratis seperti Lilnux. Untuk kebutuhan kantor, sistem operasi Windows masih menjadi favorit di kalangan perusahaan karena stabil dan banyak softwere yang kompatibel hanya dengan Windows. Untu serinya sendiri saya sarankan Windows 10 home karena seri ini sudah cukup untuk kebutuhan kantor, office, dokumen, email, dan sebagainya.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *