Home Gadget Tidak Sama, Ternyata Stop Kontak Tiap Negara Berbeda Jenisnya!

Tidak Sama, Ternyata Stop Kontak Tiap Negara Berbeda Jenisnya!

by Erin Nuzulia

Kalau kamu suka melakukan perjalanan lintas negara, kamu pasti memahami bahwa stop kontak antara negara yang satu dengan negara lainnya berbeda. Sehingga membawa stop kontak portable yang sesuai dengan negara tersebut adalah sebuah kewajiban agar tidak kesulitan nantinya saat ingin mengisi daya baterai hp, laptop, ataupun kamera. Kamu tentu saja harus mencari harga stop kontak berdasarkan tipe yang digunakan di negara tersebut, bukan?

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari World Standarts, paling tidak ada 15 jenis outlet listrik atau stop kontak yang biasanya dipakai oleh berbagai negara di dunia. Jenis stop kontak ini diurutkan sesuai alfabet, yakni A, B, C, dan seterusnya. Adapun penentuan jenis stop kontak harus sesuai dengan surat yang ditetapkan oleh ITA, yakni US Department of Commerce International Trade Administration.

Tidak Sama, Ternyata Stop Kontak Tiap Negara Berbeda Jenisnya!

Stop kontak Tipe A

Stop kontak Tipe ini banyak digunakan oleh 23 negara, seperti USA, Bangladesh, China, Jepang, dll. Stop kontak ini adalah stop kontak kelas II yang memiliki dua cabang paralel datar atau pipih. Apa pun satuan tegangan listrik yang biasa digunakan stop kontak ini adalah 120 dan 220 volt.

Stop kontak Tipe B

Stop kontak Tipe ini digunakan oleh 17 negara, seperti Venezuela, Saudi Arabia, Kanada, dll. Stop kontak ini terdiri dari dua lempeng datar atau pipih saling berdekatan yang berguna sebagai konektor, ditambah satu lempeng bulat yang ketiganya menyerupai huruf U. tegangan yang digunakan ada pada kisaran 100—230 volt.

Stop kontak Tipe C

Stop kontak Tipe ini digunakan oleh 30 negara, seperti Indonesia, Austria, Korea, dll.

stop kontak tipe ini memiliki dua pin berbentuk silindris dengan diameter 4 mm. Adapun jarak antara kedua pin adalah 18,6 mm.

Stop kontak Tipe D

Stop kontak Tipe ini digunakan oleh 16 negara, seperti Hongkong, Myanmar, Monaco, dll. Stop kontak ini memiliki tiga pin silindris dengan membentuk segitiga di antara ketiganya. Tegangan yang dibutuhkan adalah 220—230 volt.

Stop kontak Tipe E

Stop kontak tipe ini digunakan oleh 10 negara, seperti Celgia, Denmark, Perancis, dll. Stop kontak ini mirip dengan tipe C, memiliki dua pin silindris. Namun ukuran panjang pinnya adalah 14 mm degan diameter lebih besar dibanding tipe C, yakni 4,8 mm.

Stop kontak Tipe F

Stop kontak tipe ini digunakan oleh 14 negara, seperti Mesir, Rusia, Vietnam, dll. Indonesia juga menggunakan stop kontak tipe ini atau yang kerap dikenal dengan Schuko Steker atau Schutz Kontakt.

Stop kontak Tipe G

Stop kontak tipe ini digunakan oleh 19 negara, seperti Brunei, Singapura, Maldives, dll. Stop kontak ini memiliki bentuk persegi panjang yang membentuk segitiga sama kaki. Adapun tegangan yang digunakan adalah 220—240 volt.

Stop kontak Tipe H

Stop kontak tipe ini digunakan oleh 3 negara, yakni Israel, Thailand, dan Palestina. Stop kontak ini terdiri dari pin bulat silindris membentuk segitiga dengan jarak antar pin adalah 19 mm.

Stop kontak Tipe I

Stop kontak jenis ini digunakan oleh 7 negara, yakni Argentina, Australia, Fiji, dll. Stop kontak ini memiliki dua pin berbentuk V terbalik dengan kemiringan 30 derajat dan pin tengah yang berfungsi sebagai grounding.

Stop kontak Tipe J

Stop kontak tipe ini digunakan oleh 3 negara, yakni Maldives, Swiss, dan Liechtenstein. Stop kontak ini memiliki 2 pin yang membentuk huruf v dengan kemiringan 30 derajat yang berfungsi sebagai pin fasa dan pin netral, sedangkan yang di tengah berfungsi sebagai grounding.

Stop kontak Tipe K

Stop kontak ini digunakan oleh 4 negara, yakni Bangladesh, China, Denmark, dan Maldives. Stop kontak tipe ini umumnya terdiri atas tiga pin dengan dua pin fasa dan netralnya berbentuk lingkaran penuh disertai pin groundingnya berbentuk U setengah lingkaran.

Stop kontak Tipe L

Stop kontak tipe ini digunakan oleh 15 negara, yakni Chili, Kuba, Uruguway, dll. Stop kontak ini terdiri atas tiga garpu berbentuk bulat yang berada dalam satu garis lurus.

Stop kontak Tipe M

Stop kontak ini digunakan oleh 8 negara, yakni Bhutan, India, Nepal, dll. Stop kontak ini memiliki tiga garpu bulat yang membentuk segitiga dan mengalirkan listrik sebesar 15 ampere.

Stop kontak Tipe N

Stop kontak ini digunakan oleh 2 negara, yakni Afrika Selatan dan Brazil. Stop kontak ini terdiri dari tiga pin silindris yang memiliki diameter 4 mm dengan panjang konektor 19 mm.

Stop Kontak Tipe O

Stop kontak ini digunakan secara eksklusif di Thailand. Tipe ini memiliki kemiripan dengan tipe M, tetapi dengan jarak antar konektor yang lebih pendek.

 

Baca Juga:  Penampilan OPPO F7 Silver

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More