Tinta Printer yang Tepat Bisa Dipilih Lewat Cara Ini

Printer yang merupakan alat cetak tidak bisa digunakan jika tidak ada tintanya. Sebelum Anda memilih tinta printersebaiknya Anda melihat terlebih dahulu merk dari printer Anda dan sesuaikan tinta untuk printer tersebut dengan mesin cetaknya. Masing-masing tinta memiliki harga yang berbeda sehingga Anda harus mengalokasikan pendapatan atau uang Anda untuk membeli tinta yang tepat.

Dalam memilih tinta yang tepat perhatikan dahulu untuk apa tinta tersebut digunakan. Ada yang hanya dipergunakan untuk mencetak dokumen seperti teks dan gambar, namun ada juga yang berfungsi untuk mencetak foto ataupun untuk mencetak di suatu media misalnya di mug. Untuk mencetak biasa, Anda dapat memilih jenis kertas plan paper dan tinta dye based ink sedangkan untuk cetak foto atau undangan bisa menggunakan tinta pigment art ink dan untuk di media tertentu seperti mug, bisa menggunakan tinta sublime atau jenis sublimation ink.

Kedua adalah pilih tinta berdasarkan pada bahan pembuatnya. Ada jenis tinta printer yang terbuat dari air namun ada juga yang terbuat dari alkohol. Beberapa pihak mengemukakan jika tinta dengan bahan dasar dari alkohol bisa lebih mudah merusak head printer. Ketiga adalah pilih berdasarkan pada tingkat keasaman atau pH. Ada 3 kategori keasaman pH yang beberapa diantaranya dicantumkan di kemasan, yaitu:

  • Kategori balance dengan keasaman yang seimbang yang sangat bagus untuk head printer dengan tingkat keasaman 6,5-7,5.
  • Kategori basa dengan pH 8-10 dan tinta ini masih bisa dipergunakan.
  • Kategori asam dengan tingkat pH 3,4-4,4 yang sangat dilarang untuk digunakan karena bisa menyebabkan korosi.

 Selain tinta, perhatikan juga beberapa tips ini ketika akan membelli printer. Baca selengkapnya di provokantor.com

Keempat adalah harga dari tinta tersebut. Ada jenis tinta yang memiliki harga 10 ribuan untuk 100 ml namun ada juga tinta yang harganya bisa mencapai Rp 30 ribuan bahkan lebih untuk jenis tinta dengan jumlah yang sama dan untuk kebutuhan yang sama misalnya untuk mencetak dokumen. Memilih tinta untuk printer yang terlalu murah bisa meningkatkan resiko kerusakan pada printer karena Anda tidak tahu apakah tinta tersebut bagus untuk digunakan atau tidak.

Tips lainnya dalam memilih tinta printer adalah:

  • Pilih berdasarkan pada hasil cetaknya. Anda bisa menanyakan pada pihak tokonya untuk memberikan hasil cetak dengan menggunakan tinta tersebut dan bisa Anda tanyakan pendapat jenis tinta mana yang cocok untuk printer Anda.
  • Pilih berdasarkan pada tingkat kekentalan karena masing-masing tinta memiliki tingkat kekentalan yang berbeda. tinta yang terlalu kental tidak bagus sebab bisa merusak head atau nozzerl printer dan selang infus yang tersumbat. Sedangkan jika terlalu encer bisa menyebabkan hasil cetakan menjadi kurang menempel dan optimal sehingga warnanya menjadi terlihat pudar dan tidak maksimal.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *