Tips Agar Karpet Lantai Tak Mudah Kotor dan Rusak

Memiliki sebuah ruangan baik sempit maupun luas, akan lebih menyenangkan jika diberi hiasan yang bisa menjadi ciri khas ruangan tersebut. Hiasan ruangan tak melulu yang digantung maupun dipajang. Karpet lantai juga bisa menjadi sebuah hiasan yang baik karena kaya akan motif sehingga memperindah pandangan siapa saja yang masuk ke ruangan tersebut. Selain sebagai hiasan untuk memperindah ruangan, karpet juga bisa difungsikan sebagai alas yang lembut dan empuk sehingga pas digunakan untuk tempat bermain anak atau tempat santai bersama keluarga.

Semakin baik kualitas karpet maka bahan yang digunakan akan semakin tebal namun lembut. Tetapi harga karpet dengan kualitas baik juga relatif lebih mahal. Karenanya sebaiknya Anda menjaga karpet tersebut agar tak mudah kotor maupun rusak sehingga awet untuk penggunaan jangka panjang. Cara menjaga keawetannya adalah dengan menghindari karpet mudah kotor dan rusak. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar karpet rumah lebih awet dan bersih:

  • Letak karpet.

Letak karpet sangat mempengaruhi apakah nantinya ia akan cepat kotor atau tidak. Jangan letakkan karpet pada jalan atau bagian ruang yang sering dilewati. Letakkan karpet di bagian tepi ruangan atau di tengah namun tidak langsung di depan pintu.

  • Hindari alas kaki.

Jangan membawa alas kaki masuk rumah apalagi untuk menginjak karpet lantai. Letakkan alas kaki Anda di luar dan masuklah dengan kaki telanjang. Atau jika ingin menggunakan alas kaki, gunakan sandal indoor khusus yang hanya dipakai di rumah saja.

Baca Juga:CARA MUDAH MEMBERSIHKAN KARPET LANTAI TANPA HARUS MAHAL

  • Rajin membersihkan.

Untuk karpet kecil, sebaiknya Anda membersihkannya lebih sering dengan cara dibawa keluar dan dipukul-pukul kemudian dijemur. Tetapi jika karpet besar dan berat, Anda bisa membersihkannya setiap hari dengan sapu lidi atau penyedot debu. Jika noda pada sulit hilang, bagian tersebut bisa diberishkan dengan air sabun dan disikat hingga noda terangkat.

  • Langsung bersihkan noda.

Jika karpet terkena noda tumpahan kopi atau kue, segeralah membersihkannya sebelum noda lengket dan membandel. Membersihkan di waktu-waktu pertama terkena noda akan jauh lebih mudah dan efektif daripada Anda menunggu noda kering.

  • Laudry karpet.

Lakukan laudry dengan mesin steamer atau laundry kering pada karpet Anda secara rutin untuk membersihkan secara menyeluruh.

Semakin mahal dan baik kualitas karpet lantai yang Anda miliki, sebaiknya Anda juga melakukan perawatan dengan semakin baik. Karpet yang kotor atau rusak bukan memberi keindahan pada ruangan Anda namun justru sebaliknya, ruangan akan nampak kotor dan tak terawat. Untuk karpet yang digunakan sebagai tempat bermain anak, Anda bisa membersihkannya lebih sering dengan menggunakan vacuum claner setelah aktifitas dilakukan pada sore atau malam hari.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *