Tips Desain Interior Rumah Minimalis

Saat ini rumah minimalis sudah menjadi tren di mata orang-orang yang sedang berburu atau akan membangun rumah tinggal. Model rumah ini sangat cocok dengan kebutuhan kaum urban yang selalu mengutamakan kesederhanaan. Namun, di balik kesederhanaannya yang menjadi dagangan utama, tersimpan satu tantangan agar konsep ini tidak membosankan dan kaku. Agar hal ini tidak terjadi, kita harus pandai mengatur interior rumah. Bagaimana caranya? Mari simak tips-nya di bawah ini.

Gunakan warna cat dasar yang berkarakter minimalis

Ini berarti Anda harus menghindari penggunaan warna cat yang terlalu rame agar interior rumah Anda tidak terkesan penuh sesak dan sempit. Alih-alih, pilihlah warna-warna netral seperti putih krem, atau abu-abu sebagai warna cat dasar. Bila Anda ingin, Anda bisa memadupadankannya dengan warna terang atau warna natural yang lain. Kombinasi warna ini dapat menimbulkan suasana yang lega dan lapang.

Walaupun demikian, bila Anda menyukai desain interior rumah yang monokromatik, Anda dapat menggunakan satu warna dominan saja. Untuk mempercantiknya, mainkan peran pada bagian furnitur dan ornamen lainnnya dengan menonjolkan warna pada furnitur dan ornamen pendukung ruangan lainnya.

Ciptakan interior rumah yang selalu bersih

Ruangan yang semrawut dapat menjadi faktor utama kebosanan, bahkan stres. Oleh karena itu, Anda harus mencoba secara bertahap mengatur barang-barang yang ada dalam desain interior rumah minimalis Anda.

Konsep desain interior rumah minimalis selalu mengedepankan kesan simpel, sehingga masing-masing desain harus diterapkan sesuai dengan fungsi ruang tersebut. Agar terhindar dari kesan semrawut, berantakan, dan amburadul, Anda harus benar-benar dapat memilih barang-barang mana saja yang sesuai untuk kebutuhan masing-masing ruangan di rumah minimalis Anda.

Sembunyikan barang-barang yang tidak penting ke dalam laci atau dapat juga disembunyikan dengan cara ditata di belakang lemari. Anda juga dapat menyediakan wadah keranjang spesial yang sesuai dengan barang-barang Anda.

Tentukan bintang utama furniture Anda

Bila Anda sangat menyukai sebuah sofa dalam ruangan keluarga, maka jadikanlah sofa tersebut sebagai titik fokus desain interior ruangan tersebut. Pilih sofa yang memiliki desain minimalis dengan warna solid dan tidak memiliki banyak lekukan. Jika Anda menginginkan adanya motif atau aksen pada sofa tersebut, pastikan itu tidak terlalu mencolok. Anda juga dapat memadukan warna sofa yang solid dengan bantal sofa yang bercorak.

Sebagai pemanis ruangan, Anda bisa menambahkan furniture pendukung lain seperti lampu, benda seni, dan lukisan. Pastikan furniture dan ornamen yang Anda pilih tidak terlalu rame agar tidak mengganggu kenyamanan Anda.

Keseimbangan

Kunci utama desain interior rumah minimalis adalah keserasian antara warna, interior dan tata letak  masing-masing ornamen atau perlengkapan penunjang utama ruang minimalis Anda. Ini memang agak sulit karena setiap orang memiliki selera kenyamanannya masing-masing. Walaupun demikian, Anda harus berpegang teguh pada konsep desain minimalis agar tetap berada pada koridor yang benar.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *