Tips Membeli Karpet Lantai Berkualitas untuk Rumah Minimalis

Karpet adalah sebuah elemen interior yang mempunyai segudang manfaat. Tekstur dari karpet lantai yang lembut membuat penutup lantai ini terasa begitu nyaman ketika dipijak. Karpet bisa menghangatkan telapak kaki, dan dapat mempercantik interior ruangan. inilah alasan mengapa karpet menjadi sebuah elemen yang begitu penting di dalam ruangan.

Memilih karpet sekilas terlihat sepele dan mudah, biasanya alasan yang digunakan untuk membeli karpet adalah warna dan motifnya. Tetapi, tahukah Anda jika terdapat berbagai macam jenis karpet dimana permukaan teksturnya bisa mempengaruhi kenyamanan ketika dipijak? Selain itu ukuran dan pilihan motif menjadi faktor lain yang harus dipertimbangkan sebelum melakukan pembelian karpet. Ingin tahu bagaimana cara untuk memilih karpet yang tepat? Berikut tipsnya untuk Anda.

Pertama, jenis karpet sesuai dengan fungsi ruang. Tiap ruangan yang berada di dalam rumah mempunyai fungsi dan intensitas kegiatan berbeda. oleh sebab itu tentukan ruang apa yang akan Anda hiasi dengan karpet. Untuk ruangan yang memiliki mobilitas tinggi seperti ruang makan atau ruang keluarga, pilih karpet lantai yang memiliki bulu pendek seperti berber. Jenis karpet ini dibuat dari gabungan bahan wool dan nylon sehingga tidak akan mudah mengkerut serta mudah dibersihkan. Sedangkan untuk ruang privat dengan tingkat mobilitas rendah, Anda dapat menggunakan karpet berbulu panjang, jenis ini biasanya memiliki bahan terbaik, karpet ini begitu lembut dan nyaman untuk dipijak.

Selain itu sesuaikan dengan interior ruang. Memilih warna serta motif karpet menjadi bagian yang menyenangkan ketika melakukan pembelian, tetapi asal memilih malah beresiko membuat interior rumah menjadi terlihat kurang menarik. sesuaikan motif serta warna karpet ruangan dengan desain interior ruangan. Bila ruangan sudah banyak menggunakan motif, entah finishing dinding atau sofa, lebih baik Anda memilih karpet yang memiliki motif polos. Selain itu sesuaikan warna karpet dengan warna dominan di ruangan tersebut. Anda dapat memilih warna turunan dari warna dominan atau memilih warna shocking untuk aksen di ruangan.

Baca Juga: AGAR KARPET LANTAI ANDA TERLIHAT KEREN PERHATIKAN 4 MACAM TIPS INI!

Setelah memilih karpet lantai yang tepat, jangan lupa merawat karpet dengan baik, berikut beberapa tips untuk merawat karpet, antara lain

  1. Penempatan karpet. Mencegah jauh lebih baik jika dibandingkan dengan mengobati, menghindari karpet terpapar kuman lebih baik dibandingkan dengan terus membersihkannya. Agar karpet tidak terkena banyak kuman, simpan karpet di tempat yang tidak banyak dilewati,
  2. Hindari menginjak dengan sepatu. Hindari menginjak atau berjalan di atas karpet dengan menggunakan sepatu, hal ini dilakukan untuk mencegah banyak kuman menempel serta mengendap dalam waktu yang lama,
  3. Selalu pasang keset. Pasang keset depan pintu masuk rumah agar mencegah lebih banyak kuman yang masuk dalam rumah, tetapi jangan memasang di tiap pintu. Cukup menaruh keset di pintu dapur dan pintu kamar mandi.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *