Tips Membeli Lemari Kantor yang Tepat untuk Kegiatan Arsip

Tips Membeli Lemari Kantor yang Tepat untuk Kegiatan Arsip

Sebuah kantor memiliki furniture yang dimaksudkan untuk membantu proses kerja. Adanya kursi, meja, lemari kantor dan perabotan lainnya memiliki fungsi masing-masing. Meja memiliki fungsi untuk meletakkan semua perlengkapan pekerjaan mulai dari buku, komputer, dan peralatan kerja lainnya. kursi memiliki peranan sebagai tempat duduk terutama yang bekerja di depan meja. Untuk lemari memiliki fungsi tersendiri, bisa untuk menyimpan peralatan kantor, tempat dokumen, dan masih banyak lagi.

Tips Membeli Lemari Kantor yang Tepat untuk Kegiatan Arsip 

Untuk kegiatan arsip kantor, kegunaan lemari akan sangat diperlukan sekali. Lemari arsip atau biasa juga disebut dengan filling cabinet merupakan lemari yang didesain khusus untuk tempat dokumen penting yang di arsip. Memilih lemari yang tepat untuk kegiatan arsip sangat penting, karena ini berhubungan dengan dokumen penting dari perusahaan. Untuk itu kita tidak bisa sembarangan membeli lemari arsip. 

Saat membeli lemari arsip, jangan melihat dari tampilan luarnya saja. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk membeli lemari kantor untuk kegiatan arsip, diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Stabilitas lemari arsip.

Lemari arsip berfungsi untuk menyimpan file-file maupun dokumen penting perusahaan. Lemari yang terisi dengan tambahan dokumen yang di arsip dari hari ke hari tentu akan menjadi bertambah berat. Lemari yang tidak seimbang ataupun stabil akan membahayakan orang di sekitarnya karena resiko jatuh dan menimpa orang di sekitarnya bisa saja terjadi. Untuk itu sangat penting sekali memperhatikan stabilitas lemari arsip yang akan dibeli agar tidak menimbulkan resiko buruk di kemudian hari.

  • Keamanan lemari arsip.

Untuk menaruh dokumen atau berkas penting yang bersifat rahasia untuk kalangan tertentu saja, tentu Anda memerlukan sebuah lemari arsip yang bisa menjaminkan keamanan. Kita bisa memilih lemari arsip yang dilengkapi dengan fasilitas mekanisme penguncian untuk menghindari kemungkinan terjadinya pencurian pada dokumen yang kita simpan. Selain itu Anda juga bisa mencari lemari arsip yang memiliki bahan yang tahan api. Untuk itu lemari yang mampu menahan suhu yang tinggi dan dilapisi dengan lapisan keamanan tambahan untuk melindungi isi di dalam lemari dari ancaman terbakar bisa menjadi solusi.

  • Daya tahan lemari arsip.

Lemari kantor yang satu ini umumnya didesain dengan struktur yang kokoh serta memiliki daya tahan yang lama. Pilihan lemari arsip yang terbuat dari bahan besi maupun kayu bisa Anda tentukan sesuai dengan keinginan maupun kebutuhan. Untuk daya tahan yang lama, lemari arsip dari besi akan lebih tepat digunakan. Namun jika Anda khawatir kemungkinan akan terjadinya karat jika ruangan dalam keadaan lembab, pilihlah lemari arsip tahan terhadap karat meskipun dalam keadaan suhu rendah. Sebagai properti kantor yang berfungsi untuk menjaga dokumen kantor dan memperlancar proses arsip, lemari arsip hendaknya didesain dengan nyaman dan aman untuk digunakan.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *