Tips Membeli Sofa Tamu yang Berkualitas Terbaik

Tips Membeli Sofa Tamu yang Berkualitas Terbaik

Setiap rumah tentu memiliki ruang khusus untuk menerima tamu yang biasa disebut ruang tamu. Adanya sofa tamu tentu akan sangat tepat untuk menyambut kedatangan dari sahabat, rekan kerja maupun sanak saudara yang berkunjung. Furniture yang merupakan komponen penting dari ruang tamu ini haruslah yang nyaman dan empuk untuk dipakai duduk, sehingga para tamu maupun penghuni rumah senantiasa betah menggunakannya.

 Tips Membeli Sofa Tamu yang Berkualitas Terbaik

Bagian sofa yang sangat mempengaruhi kenyamanan, daya tahan atau keawetannya bisa dilihat dari tiga komponen, yaitu rangka yang digunakan, suspensi atau per yang digunakan, serta busa yang digunakan. Beberapa pabrikan ada yang memberikan informasi secara terperinci mengenai material yang digunakan untuk sofa yang diproduksi, sehingga ada baiknya sebelum Anda membeli menanyakan secara detail material yang digunakan.

Untuk mendapatkan sofa tamu yang berkualitas Anda bisa memperhatikan tiga komponen pembuat sofa. Berikut ini penjelasannya.

  • Rangka.

Rangka sendiri terdiri atas:

Material rangka, untuk material yang bias digunakan untuk menopang sofa biasanya menggunakan material kayu solid atau kayu engineered. Material ini sangat kokoh dan lebih tahan lama. Hindari sofa dengan material kayu daur ulang seperti MDF, papan kayu partikel, atau juga plywood standar.

Konstruksi rangka, seperti halnya material yang sangat penting untuk rangka sofa, konstruksi juga sangat penting karena mempengaruhi kokoh dan nyamannya sofa yang digunakan. Ada beberapa metode penyatuan kayu untuk membentuk konstruksi rangka dari pabrikan. Sebaiknya Anda menghindari rangka yang disatukan dengan cara di lem, dengan baut, atau penghubung besi untuk menyatukan dua buah kayu menjadi satu. Hal ini dikarenakan rangka akan sangat rentan rusak maupun patah.

  • Suspensi atau per.

Memilih sofa yang nyaman digunakan juga harus memperhatikan suspensi. Suspensi sendiri adalah bagian dari sofa yang berfungsi untuk menyangga busa sehingga dudukan menjadi lebih nyaman dan sedikit pegas. Tipe suspensi antara pabrikan satu dengan yang lainnya sangat berbeda. Untuk sofa yang berharga cukup mahal Anda bisa melakukan prinsip eight-way hand-tied untuk mengecek suspensi sofa. Caranya dengan menekan sandaran pada sofa dan Anda bisa merasakan pantulan per atau suspensi yang terpisah diantara kain sofa. Untuk sofa dengan harga menengah ke bawah, prinsip sinuous springs bisa Anda lakukan untuk mengetes kualitasnya. Jenis ini biasanya terbuat dari logam dengan bentuk zigzag yang tertata secara teratur dalam satu barisan depan sofa.

  • Busa dudukan.

Busa akan sangat menentukan kenyamanan sofa tamu yang Anda beli. Hindari memilih sofa dengan busa yang terlalu empuk karena mengindikasikan busa tersebut kurang nyaman dan mudah berubah bentuknya. Sementara untuk busa pada sandaran, umumnya diisi dengan serat polyester atau dengan kombinasi busa. Pilihlah yang ketebalannya lebih tipis dan keras sehingga cukup mampu untuk dijadikan sandaran tubuh dengan nyaman. Sedikit tips saat berbelanja sofa, Anda bisa membuka resleting kulit sofa pada sandaran untuk melihat material di dalamnya.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *