Tips Membersihkan Furniture Minimalis Bahan Kayu

Furniture minimalis menjadi trand di masyarakat karena multifungsi dengan bentuk yang simple namun elegan. Furniture secara sederhana dapat diartikan sebagai perlengkapan rumah mencakup kursi, meja, lemari, tempat tidur dsb.

Kata furniture berasal dari bahasa Prancis, yaitu furniture yang asal katanya fournir artinya furnish atau perabotan di dalam ruangan. Walaupun kata furniture dengan mebel artinya berbeda, namun sama-sama menunjuk pada kursi, meja dsb. Singkat kata, mebel atau furniture merupakan benda yang terdapat di dalam rumah dimana fungsinya untuk mempermudah kegiatan dan aktivitas sehari-hari. Misalnya: kursi untuk duduk, lemari untuk menyimpan pakaian dan benda lainnya dsb.

Kelebihan Dan Kekurangan Furniture Bahan Kayu

Ada banyak bahan furniture yang bisa Anda pilih, mulai dari yang bahannya terbuat dari plastic, logam, rotan dan kayu. Salah satu bahan yang banyak dipilih adalah furniture yang terbuat dari bahan kayu. Hal tersebut karena kelebihannya. Adapun kelebihan furniture yang terbuat dari bahan kayu adalah terlihat lebih klasik, awet dan tahan lama. Apalagi jika bahannya terbuat dari kayu jati bisa dijadikan investasi yang memiliki nilai jual tinggi.

Sama seperti bahan lainnya, furniture dari bahan kayu juga memiliki kekurangan seperti: membutuhkan perawatan khusus agar terlihat baru dan awet tahan lama. Lebih jelasnya simak pembahasan mengenai perawatan furniture kayu berikut ini.

Perawatan Furniture Bahan Kayu Yang Benar

Memiliki furniture minimalis harus diimbangi pula dengan perawatan yang benar. Perawatan penting dilakukan secara rutin agar furniture tidak mudah rusak dan awet. Perawatan yang dimaksud cara memperlakukan dan membersihkan. Lebih jelasnya simak ulasannya berikut ini:

  • Jangan menempatkan furniture di tempat yang terkena sinar matahari langsung karena bisa membuat warnanya kusam, retak dan melengkung. Hindari juga menyimpannya di tempat yang lembab karena bisa mengundang jamur dan rayap.
  • Sebaiknya simpan furniture kayu di tempat yang kering.
  • Jika akan memindahkan furniture ke tempat lainnya, jangan didorong atau digeser sebaiknya diangkat.

Cara Membersihkan Furniture Bahan Kayu

  • Gunakan kemoceng atau lap yang bersih dan halus untuk membersihkan permukaan furniture. Jika furniture terdapat ukiran, bersihkan sela-sela ornament menggunakan kuas kecil yang halus.
  • Jika terkena kotoran yang membandel pada permukaan, bersihkan dengan cara dilap menggunakan lap ball dengan campuran air ditergen. Usap secara perlahan dan biarkan mongering.
  • Jangan terlalu sering menggunakan bahan furniture yang mengandung solvent karena kandungan di dalam bahan tersebut bisa merusak lapisan kayu.
  • Jika ada noda bekas stiker di furniture minmalis, cara menghilangkannya bisa dengan minyak goreng. Teteskan minyak pada bagian kayu yang terkena stiker, biarkan beberapa menit biarkan meresap. Lalu gosok menggunakan kain yang lembut. Ulangi hingga stiker lepas dan nodanya menghilang.
Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *