Tips Memilih Desain Interior Kantor agar Menjadi Lebih Nyaman

Tips Memilih Desain Interior Kantor agar Menjadi Lebih Nyaman

Selama ini orang mengenal desain interior hanya terbatas pada rumah, hotel, atau restoran. Padahal, desain interior memiliki cakupan luas yang juga banyak digunakan dalam mendesain ruang kantor. Mendesain ruang kantor agar menjadi tempat yang nyaman kinerja para staf dan pegawai semakin meningkat.

Tips Memilih Desain Interior Kantor agar Menjadi Lebih Nyaman

Selain itu, mendesain ruang kantor juga bisa memberi nuansa yang berbeda agar pegawai tidak mudah bosan. Dan jika interior kantor dibuat menarik maka tentunya akan membuat karyawan semakin betah sehingga mampu menumbuhkan ide-ide baru. 

Kebutuhan Ruang kerja

Langkah pertama untuk membuat interior kantor jadi menarik adalah mengetahui apa yang menjadi kebutuhan ruang kerja di dalam kantor. Setiap kantor memiliki kebutuhan yang berbeda-beda dan harus sesuai dengan jenis kantor serta aktivitas para pegawai yang ada di dalamnya. Sebaiknya buat ruangan kantor menjadi luas sehingga membuat staf dan pegawai merasa nyaman bergerak. Luas kantor juga patut dipertimbangkan, apalagi bagi kantor yang jumlah karyawan dan stafnya terbilang banyak. Semakin banyak karyawan yang ada, maka semakin luas pula ruangan yang dibutuhkan.

Sebaliknya, untuk kantor yang jumlah karyawannya hanya sedikit, tidak perlu membangun kantor dengan ukuran yang luas karena akan membuat kantor menjadi tidak enak dipandang, baik dari segi keindahan maupun dari segi keefektifan. Oleh karena itu, dengan mengetahui kebutuhan ruang kerja secara tepat, akan membuat Anda semakin mudah untuk memilih desain interior yang sesuai.

Furniture Interior Kantor

Langkah selanjutnya adalah memilih jenis furnitur yang akan dipakai.  Banyaknya jenis furnitur membuat Anda bisa memilih, apakah ingin furniture dengan desain klasik, minimalis, modern, atau mewah. Tips untuk memilih jenis furniture adalah sesuaikan dengan karakter dari kantor Anda. Selain, mengedapankan karakter kantor, Anda juga perlu mempertimbangkan rasa nyaman para pekerja yang ada di dalam kantor.  Hal ini bertujuan agar karyawan betah duduk berlama-lama di kursi mereka dan mengerjakan tugas dalam kondisi yang menyenangkan. 

Pencahayaan dan sirkulasi udara

Letak pencahayaan biasanya luput dari dalam memilih desain interior kantor. Namun, sebaiknya Anda harus memperhatikan ketepatan pencahayaan agar memudahkan pekerja dalam menyelesaikan seluruh tugas mereka selama berada di kantor. Sesuaikan pencahayaan dengan letak tempat duduk para pekerja agar cahaya bisa masuk dengan cukup dan tidak kurang atau berlebihan.

Selain pencahayaan, Anda juga harus memperhatikan sirkulasi udara. Hal ini menjadi poin yang penting karena sirkulasi udara yang lancar dapat membuat ruangan menjadi sejuk dan tidak pengap. Tempatkan ventilasi secara tepat agar cahaya yang masuk dari luar juga bisa membuat ruangan lebih terang 

Referensi dan Inspirasi desain interior

Agar tidak salah memilih desain interior kantor, sebaiknya gunakan jasa desain interior. Namun, jika ingin mencoba mendesain sendiri interior ruangan kantor, Anda bisa mencari inspirasi melalui referensi seperti majalah atau internet sehingga Anda dapat memperoleh ilmu baru untuk mendesain kantor semenarik dan senyaman mungkin. 

Tanaman Hias

Untuk membuat desain interior kantor semakin hidup dan semakin indah, Anda bisa meletakkan beberapa tanaman hias, sanseiviera atau bambu  China. Tanaman hidup ini selain memperindah ruangan juga berfungsi sebagai penyaring udara di dalam ruangan sehingga membuat udara di dalam menjadi segar. 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *