Tips Memilih Karpet Lantai Agar Ruang yang Kecil Menjadi Lebih Luas

Ruang tamu memang menjadi ruang pertama yang akan dilihat oleh para tamu yang datang ke rumah Anda. Untuk itu, desain dan perabotan di ruang tamu pun harus disesuaikan agar dapat memberikan kesan yang baik. Apa lagi bagi Anda yang ruang tamunya kecil, akan lebih baik untuk membuat ruangan tersebut lebih besar. Tidak hanya ruang tamu, namun bisa juga untuk semua ruangan yang kecil namun ingin terlihat lebih luas. Hal tersebut dapat diwujudkan dengan memilih karpet lantai yang baik dan benar. Berikut adalah beberapa tips bagaimana memilih benda tersebut agar ruangan Anda terasa lebih luas:

  • Sesuaikan dengan Tema Ruangan

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah tema ruangan Anda. Pastikan karpet tersebut memiliki model atau motif yang senada dengan tema ruangan tersebut. Jangan sampai karena karpet tersebut, ruangan Anda menjadi sangat absurd dan terlihat tidak bagus. Jika ruangan yang Anda miliki itu sempit, Anda bisa menerapkan tema minimalis agar ruangan menjadi terasa lebih luas dan juga rapi. Jika warna perabot di ruangan tersebut memiliki warna yang berbeda-beda, Anda bisa memasang karpet polos yang berwarna kalem agar ruangan tersebut menjadi lebih netral.

  • Sesuaikan Ukurannya dengan Ruangan

Selain tema, Anda juga harus melihat perbandingan dari ukuran karpet lantai dan juga ruangan. Hal ini diperlukan supaya karpet yang Anda pasang tidak membuat ruangan yang kecil tersebut menjadi lebih terasa sempit dan sesak. Pilihlah yang besarnya tidak mencapai 50% dari besar atau luas ruangan. Jangan juga memilih yang ukurannya kecil karena akan terlihat terpisah-pisah dan dibedakan dengan satu unsur ruangan tersebut. Selain itu, karpet yang kecil dapat membuat ruangan terlihat kurang seimbang.

Baca Juga:FUNGSI KARPET LANTAI UNTUK AREA PERKANTORAN

  • Corak dan Warna

Tidak dipungkiri, warna dan motif dari suatu barang mempunyai pengaruh yang besar dalam penampilan suatu ruangan. Dengan memilih karpet yang mempunyai warna dan corak yang pas, maka akan membuat ruangan Anda terlihat lebih luas. Jika ingin membuat ruangan terlihat lebih terang, pilihlah warna yang lembut seperti putih atau krem. Sesuaikan pencahayaan supaya karpet tersebut terlihat lebih hangat. Jangan lupa juga sesuaikan dengan tema ruangan dan jangan memilih motif yang rumit atau aneh. Pilihlah motif garis-garis supaya terlihat lebih luas.

  • Bahan yang Digunakan

Sebelum membeli karpet lantai, Anda harus mengetahui dan merencanakan dimana akan menaruh benda tersebut karena setiap bagian atau ruangan membutuhkan jenis yang berbeda-beda. Hal ini disesuaikan dengan fungsinya, jika digunakan untuk duduk, maka pilihlah yang mempunyai bahan tebal dan lembut seperti memakai bulu-bulu. Jika hanya untuk mempercantik ruangan, pilihlah yang biasa dan memiliki warna dan motif yang menarik. Meskipun begitu, Anda harus memilih yang memiliki bahan yang berkualitas.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *