Tips Memilih Karpet Lantai Agar Terhindar Dari Salah Pilih

Lantai merupakan salah satu elemen penting di dalam ruangan yang mempengaruhi kenyamanan. Banyak orang memilih melapisi lantainya agar terlihat cantik. Selain memperindah ruangan karpet lantai juga dapat memberikan kehangatan.

Sebelum Anda memilih karpet untuk dibeli, ada baiknya kenali terlebih dulu jenis karpet yang akan digunakan, ukuran ruangan, warna dan tekstur, ruangan tempat karpet akan dipasang dsb. Hal tersebut bisa dijadikan bahan pertimbangan agar tidak terjadi kesalahan. Lebih lengkapnya simak penjelasannya berikut ini.

Ukuran Karpet Berdasarkan Kebutuhan

Sebelum membeli karpet lantai, pertama-tama ukur lantai ruangan yang akan dipasang karpet. Jika Anda bingung dan ragu ukuran yang pasti bisa gunakan jasa pemasangan karpet untuk mengatasi kebingungan Anda.

Sesuaikan Karpet dengan Tempat

Pemilihan jenis karpet bisa disesuaikan dengan tempat dimana karpet tersebut akan dipasang. Apabila karpet dipasang di tempat yang sering dilalui orang, sebaiknya pilih karpet yang bahannya tipis.Umumnya karpet tersebut banyak digunakan di kantor-kantor dan hotel.

Cara perawatan dan membersihkan karpet yang tipis lebih mudah dibandingakan dengan karpet yang bahannya tebal. Namun, apabila karpet digunakan di ruangan yang jarang dilalui orang bisa menggunakan karpet yang lebih tebal.

Sesuaikan Warna, Tekstur dan Ornamen Karpet

Ada banyak ornament dengan motif dan tekstur karpet yang berbeda, Anda bisa memilih sesuai dengan kondisi ruangan. Misalnya, jika kondisi ruangan minim pencahayaan, bisa pilih karpet yang warna dan teksturnya agak mengkilap, sehingga memberikan kesan ruangan terlihat lebih terang.

Sesuaikan Dengan Perawatan

Menggunakan karpet harus dibarengi dengan perawatan secara teratur. Namun, tidak semua orang bisa membersihkan karpet setiap hari, terutama bagi Anda yang memiliki aktifitas dan kesibukan yang padat.

Jika Anda sibuk, bisa pilih karpet yang bahannya bukan dari beludru halus atau karpet yang bahannya tebal. Karena jenis karpet tersebut dapat dengan mudah menyerap kotoran, debu sehingga jika didiamkan tanpa perawatan bisa membuat kotoran dan debu menumpuk. Namun, jika Anda tetap ingin menggunakan karpet beludru atau yang tebal bisa gunakan jasa pencucian karpet yang professional.

Pilih Jenis Karpet Sesuai Kebutuhan

Ada berbagai jenis karpet yang bisa Anda dapatkan di pasaran. Jika dilihat bentuknya karpet dapat dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu: permadani, karpet tile dan roll. Ketiga jenis karpet tersebut terbagi lagi menjadi beberapa model dan desainnya sendiri.

  • Karpet Permadani ukurannya kecil. Biasanya digunakan di ruang tamu, ruang keluarga atau pada acara khusus.
  • Karpet tile adalah karpet yang bentuknya mirip potongan-potongan ubin. Pemasangan karpet ini lebih mudah dan banyak pilihan motif yang bisa sesuaikan dengan selera. Perawatannya lebih mudah, jika rusak tinggal diganti.
  • Karpet roll adalah karpet lantai meteran yang bentuknya persegi dan di jual dalam bentuk meteran. Biasanya karpet ini untuk tempat ibadah atau untuk acara tertentu.
Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *