Tips Memilih Kursi Kantor yang Nyaman

Memilih kursi kerja kantor bukan hal yang dapat disepelekan. Hal ini dikarenakan seseorang menghabiskan cukup banyak waktunya duduk di kursi kantor sehingga faktor kenyamanan menjadi sangatlah penting. Kursi kantor yang baik adalah kursi yang ergonomis. Ergonomis berasal dari kata ‘ergonomi’ yang merupakan sebuah disiplin ilmu yang mempelajari interaksi manusia dengan elemen-elemen lain di dalam sebuah sistem. Prinsip ergonomi digunakan dalam perancangan berbagai benda yang digunakan manusia termasuk kursi kantor. Kursi yang ergonomis adalah kursi yang ketika diduduki, posisi pinggul sedikit lebih tinggi dari posisi lutut sedangkan posisi abdomen dan paha membentuk sudut sekitar 90 derajat. Selain itu, telapak kaki anda juga harus bisa menjejak sempurna ke lantai saat anda duduk. Pilih kursi yang sandarannya memiliki penyokong untuk tulang belakang yang berada di area punggung bagian bawah. Ini penting karena struktur tulang belakang tidak lurus melainkan berkurva, duduk untuk waktu yang lama tanpa penyokong di bagian tersebut akan cenderung membuat seseorang duduk membungkuk dan dapat menyebabkan rasa sakit di tulang punggung bagian bawah. Selain beberapa hal tersebut, berikut beberapa tips tambahan untuk memilih kursi kantor yang nyaman :

  • Pilihlah bahan kursi yang tidak keras namun tidak juga terlalu empuk. Bahan kursi yang terlalu keras dapat menyebabkan ketidaknyaman dan pantat mengalami gangguan jika terlalu banyak duduk.
  • Lebar kursi dan sandaran lengan

Sebuah Kursi Kantor yang baik akan memiliki sandaran tangan yang dapat disetel. Armrests atau sandaran tangan yang berkualitas dapat membantu tugas-tugas seperti membaca dan menulis, selain itu adanya sandaran lengan dapat mengurangi tekanan dan ketegangan dari leher dan bahu.

Baca Juga : BERBAGAI ALAT-ALAT KANTOR YANG ANDA BUTUHKAN

  • Penyesuaian Tinggi

Tidak semua orang memiliki ketinggian yang sama, sehingga Kursi Kantor Anda harus memiliki penyesuaian ketinggian. Spesifikasi untuk menyesuaikan kursi kantor anda dan postur saat duduk yang baik adalah sebagai berikut : paha harus horisontal ke tanah sementara kedua kaki berada di tanah dan pergelangan tangan harus lurus saat mengetik. Jika anda tidak dapat menemukan ketinggian Kursi Kantor yang memungkinkan kedua hal di atas, Anda juga dapat menemukan cara untuk mengubah ketinggian keyboard anda sehingga anda mendapatkan posisi pergelangan tangan lurus ketika mengetik dan tubuh anda sejajar baik dengan kursi dan lantai.

  • Stabilitas

Kursi anda harus stabil, Cedera serius dan permanen dapat terjadi jika kursi tidak stabil. Usahakan anda mencari kursi dengan roda yang berputar dan basis lima-titik yang tidak akan flip ketika anda berbaring di Kursi anda.

Semoga artikel ini dapat membantu anda untuk memilih kursi kantor yang tepat dan akan membuat anda nyaman saat bekerja.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *