Tips Memilih Kursi Kerja yang Nyaman dan Tidak Mengganggu Kesehatan

Tips Memilih Kursi Kerja yang Nyaman dan Tidak Mengganggu Kesehatan

Pemilihan kursi kantor menjadi salah satu faktor penting dalam mendesain sebuah ruang kantor. Tentu saja Anda maupun karyawan lain akan menghabiskan waktu paling lama di kursi kerja kantor. Dengan begitu, pilihlah kursi yang nyaman dan tidak mengganggu kesehatan para karyawan Anda. Berikut adalah beberapa tips memilih kursi untuk kantor Anda.

Tips Memilih Kursi Kerja yang Nyaman dan Tidak Mengganggu Kesehatan

Ada Tempat Sandaran Kepala

Salah satu yang penting adalah bagian kursi yang akan dijadikan tempat sandaran kepala. Kursi yang harus Anda pilih adalah jenis kursi yang tidak hanya mengakomodasi tulang punggung, namun juga kenyamanan kepala dan leher Anda. Dengan demikian, bagian leher dan kepala akan tetap relaks selama bekerja. Untuk sesekali Anda juga bisa menyandarkan leher untuk beristirahat.

Perhatikan Posisi Dudukan dan Bantalan Kursi

Bantalan kursi yang empuk bisa membuat Anda nyaman dan produktif bekerja. Bantalan kursi kerja yang nyaman ini dipengaruhi oleh bahan busa dan bahan pembungkusnya. Jenis bantalan yang keras dapat membuat pinggang menjadi mudah sakit, tentunya tidak nyaman bukan? Saat bekerja disarankan untuk menempatkan bagian panggul tepat pada dudukan sesuai dengan lekukan anatomi tubuh manusia.

Pilih Kursi yang Berkaki Roda

Desain kursi kantor yang beroda dapat memudahkan Anda untuk bergeser dari satu tempat ke tempat yang lain dalam ruangan yang sama. Selain itu, sebisa mungkin upayakan pula untuk memilih kursi kantor yang dapat diatur. Hal ini memungkinkan Anda untuk menyesuaikan diri dengan tinggi meja, karena kombinasi yang proporsional antara tinggi kursi dan meja dapat mengganggu kesehatan Anda.

Kursi dengan Sandaran Sesuai Bentuk Tulang Belakang

Pemilihan kursi sering berpengaruh pada kesehatan. Salah satunya adalah sandaran kursi. Dengan memilih bentuk kursi yang pas melekat di punggung, ini akan mengurangi risiko pegal dan lelah saat bekerja. Salah dalam memilih tempat bersandar justru dapat membuat tak nyaman atau justru tidak produktif dalam bekerja. Jika kita memilih kursi dengan sandaran yang biasa, umumnya tidak mendukung untuk menjaga kesehatan punggung Anda. Akibatnya, ketika bersandar, tulang punggung akan melengkung dan membuat lelah, pegal. Parahnya lagi, kursi ini dapat memicu kelainan pada tulang belakang.

Memperhatikan Ketinggian Kursi Kerja

Sudut antara kaki dan paha usahakan membentuk 90 derajat agar beban tubuh tidak hanya tertumpu pada betis atau paha. Usahakan untuk memilih kursi yang bisa diatur tinggi rendahnya, atau kursi permanen yang tidak terlalu pendek atau tidak terlalu tinggi dari posisi meja. Usahakan agar saat duduk, kaki Anda menapak pada lantai. Pasalnya posisi kaki yang menggantung membuat aliran darah hanya berpusat pada area tubuh yang berada di atas kursi. Kondisi ini akan mengganggu kesehatan untuk jangka panjangnya.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *