Tips Memilih Meja Kayu untuk Kantor

Meja merupakan salah satu jenis furniture yang dapat dikatakan serba guna. Sebuah meja dapat digunakan untuk bermacam-macam keperluan, mulai dari untuk meja makan, untuk bekerja, dan bisa juga digunakan untuk meletakkan berbagai barang alektronik seperti radio dan televisi. Meskipun satu jenis meja cocok digunakan untuk berbagai fungsi, dan desain setiap meja umumnya hampir mirip dan serupa, namun sebenarnya ukuran dan model sebuah meja akan sangat berpengaruh terhadap fungsinya. Sebab sebuah model meja akan diproduksi dengan mempertimbangkan fungsinya. Meja ruang tamu, misalnya, tidak akan diproduksi atau didesain lebih tinggi dari satu meter. Bahkan rata-rata meja tamu hanya didesain setinggi maksimal delapan puluh centi meter, untuk mengutamakan fungsinya sebagai tempat menyuguhkan hidangan bagi para tamu agar gidangan tersebut mudah terjangkau. Salah satu jenis meja yang cukup penting adalah meja kantor. Berikut ini akan dibahas mengenai tips memilih meja kayu untuk kantor.

Pertimbangankan Kebutuhan dan Fungsinya

Fungsi utama meja kantor memang untuk bekerja, atau mengerjakan berbagai dokumen. Meja kantor tidak jarang dijadikan sebagai tempat meletakkan komputer atau laptop. Oleh sebab itu, meja kantor harus mempertimbangkan kebutuhan dan fungsinya. Meja kantor untuk sekretaris tentu akan berbeda desainnya dengan meja kantor untuk front office yang bertugas menerima tamu.

Jika memilih meja kayu untuk sekretaris, misalnya, sebaiknya meja tersebut difasilitasi dengan laci untuk tempat menyimpan dokumen-dokumen penting. Pastikan bahwa luas meja mampu menampung kebutuhan si sekretaris tersebut. Misalnya, jika meja tersebut akan dijadikan sebagai tempat komputer, pastikan bahwa masih ada ruang kosong pada meja tersebut yang bisa dijadikan sebagai tempat meletakkan berbagai berkas yang sedang dikerjakan. Jangan memilih meja yang terlalu sempit, sebab akan mengganggu kinerja si sekretaris tersebut.

Baca Juga: MEJA KANTOR DARI BAHAN KAYU, LEBIH AWET DAN TAHAN LAMA

Menyesuaikan dengan Tinggi Kursi

Salah satu hal yang mempengaruhi kinerja pegawai di kantor adalah kursi. Kursi yang pas akan memacu kinerja para pegawai. Sebaliknya, kursi yang tidak tepat justru akan menghambat kinerja mereka. Contohnya, kursi yang desainnya tidak tegap dan terlalu miring, akan membuat pegawai cenderung malas. Begitu pula dengan kursi yang tidak nyaman dan terlalu keras, akan membuat pegawai tidak betah berlama-lama di meja kerja. Namun sebenarnya, faktor lain yang tidak kalah penting adalah tinggi meja kerja tersebut. pastikan bahwa tinggi meja kerja ideal dengan kursinya. Jika pegawai duduk di kursi kerja, maka tinggi meja kerja yang ideal adalah di antara perut dengan dada, tidak lebih tinggi dan tidak lebih rendah.

Desain meja kayu juga tidak kalah penting untuk menunjang kenyamanan pegawai ketika bekerja di kantor. Pastikan meja kerja yang dipilih difasilitasi dengan dudukan kaki, sehingga para pegawai tidak akan mudah lelah ketika sedang berada di meja kerjanya. Setiap detail dan fungsi meja harus benar-benar dipikirkan agar kerja pegawai bisa nyaman sehingga mereka lebih produktif.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *