Tips Memilih Meja Laptop Yang Nyaman Dan Aman

Kehadiran laptop mempermudah pekerjaan, karena selain ringkas laptop juga bisa dengan mudah dibawa kemanapun. Agar aktivitas di depan laptop lebih nyaman, sebaiknya gunakan meja laptop. Sekarang sudah banyak model dan jenis meja yang didesain khusus untuk laptop.

Ada yang modelnya bisa dilipat sehingga memungkinkan dibawa kemanapun, lebih praktis dan tidak menghabiskan banyak ruang. Namun kadang ada yang mengalami masalah karena terlalu berat atau sudut kemiringannya kurang pas. Belum lagi posisi tinggi rendahnya kaki yang kurang fleksibel. Jika meja laptop mengalami masalah tersebut, tentu saja akan malah menjadi penyebab ketidaknyamanan saat di depan laptop.

Oleh sebab itu penting memilih meja yang tepat, karena bukan hanya masalah nyaman digunakan untuk bekerja namun lebih dari itu jangan sampai meja yang dipilih malah menyebabkan masalah kesehatan, seperti sakit bagian punggung, mata cepat lelah dsb. Nah berikut ini tips memilih meja untuk laptop yang bisa Anda jadikan patokan.

Sesuaikan Dengan Kebutuhan

Meja yang tepat adalah yang bisa menyediakan fasilitas yang dibutuhkan. Sekarang sudah ada model meja multifungsi yang bisa dijadikan pilihan. misalnya meja yang sudah dilengkapi dengan cooling pad yang bisa sekaligus mendinginkan laptop. Meja dengan cooling pad cocok bagi Anda yang sering menggunakan laptop dalam waktu yang lama. Atau ada juga meja yang sudah dilengkapi untuk mouse dan cangkir.

Menyesuaikan Dengan Lingkungan Kerja

Tips memilih meja yang tepat berikutnya adalah menyesuaikan dengan lingkungan atau tempat bekerja. Misalnya jika Anda sering bekerja di mobil saat perjalanan, sebaiknya pilih meja yang bahannya kokoh, stabil dan tahan terhadap guncangan. Meja yang digunakan untuk dimobil, biasanya dilengkapi gantungan. Jadi Anda tidak perlu khawatir dengan guncangan saat di dalam mobil.

Memilih Bahan Meja

Pemilihan bahan meja merupakan poin penting yang harus dipertimbangkan, karena selain berkaitan dengan kekuatan juga menyangkut kenyamanan. Meja yang bagus adalah yang kuat dan kokoh namun pastikan bahannya ringan. Apalagi jika meja sering dibawa-bawa dan dipindahkan. Namun pastikan bahannya tahan lama, tidak mudah rapuk jika cuaca lembab.

Perhatian Aspek Ergonomis

Faktor kenyamanan merupakan hal yang penting. Pastikan ketinggian meja sesuai dengan tubuh Anda. Jika meja terlalu rendah bisa mengakibatkan pengguna cepat lelah, tentu saja hal ini akan mengganggu produktivitas saat bekerja. Yang dimaksud dengan ergonomis adalah didesain sesuai dengan anatomi tubuh manusia sehingga akan terasa lebih nyaman walaupun digunakan dalam waktu yang lama.

Dalam penerapannya meja laptop harus mempertimbangkan segi fungsionalnya dan kegunaannya, yaitu meliputi: tinggi meja, lebarnya dan penyesuaian penempatan. Semuanya perlu diperhitungkan demi kenyamanan yang maksimal saat bekerja di depan layar laptop.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *