Tips Memilih Peralatan Kantor Sesuai Dengan Kebutuhan Dan Fungsinya

Sebuah kantor harus dilengkapi dengan peralatan atau perlengkapan yang menunjang segala aktivitas dan kegiatan perkantoran. Ada banyak jenis peralatan kantor dengan fungsinya masing-masing.

Memilih peralatan kantor harus teliti dan dibutuhkan strategi tepat. Hal tersebut harus dilakukan agar penggunaan peralatan menjadi lebih efisien dan tidak mengeluarkan pengeluaran Cuma-Cuma. Artinya, lebih hemat pengeluaran.

Perlengkapan kantor sangat mendukung kinerja pegawai atau karyawan yang bekerja di kantor. Sebagus apapun kantor apabila tidak didukung dengan peralatan yang memadai dapat mengganggu kelancaran dan produktivitas bekerja. Banyak kejadian, pekerjaan tertunda hanya karena sarana dan prasarananya tidak terpenuhi.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika Anda akan memilih peralatan kantor yang kami kutip dari Quible dalam Sukoco, adalah sebagai berikut:

Tujuan Membeli Peralatan

Yang harus dijadikan bahan pertimbangan pada waktu memilih peralatan kantor adalah tujuan penggunaan peralatan yang dipilih.Banyak orang yang memilih peralatan baru namun pada kenyataannya tidak semua alat digunakan saat bekerja.

Untuk menghindari membeli peralatan yang tidak begitu penting, sebaiknya sebelum belanjabuat daftar mengenai peralatan yang benar-benar dibutuhkan, sehingga yang dibeli sesuai dengan penggunaannya. Selain itu manfaat membuat daftar barang belanja menghindari Anda membeli perlengkapan yang tidak penting.

Memilih Peralatan Yang Sesuai

Setiap kantor biasanya membutuhkan peralatan yang berbeda dengan kantor lainnya. Perbedaan tersebut karena bidang pekerjaannya berbeda. untuk itu memilih peralatan kantor harus sesuai dengan bidang pekerjaan kantor tersebut.

Misalnya; jika kantor bergerak di bidang desain biasanya membutuhkan perlengkapan scanner gambar, printer laser, kamera foto dsb. Berbeda dengan kantor yang bergerak di bidang travel, tentu tidak membutuhkan perlengkapan tersebut.

Tingkat Kegunaan Peralatan

Setiap peralatan kantor memiliki fungsi yang berbeda-beda. Untuk itu bikin skala prioritas dalam daftar belanja jenis-jenis peralatan yang fungsinya sangat penting. Dengan membuat skala prioritas dalam daftar belanja diharapkan membeli peralatan yang memiliki tingkat kegunaan paling sering digunakan.

Spesifikasi Peralatan

Seiring dengan kemajuan teknologi, spesifikasi peralatan kantor memiliki banyak ragamnya. Setiap merk memiliki spesifikasi dan fitur yang berbeda. Masing-masing memiliki kelebihan maupun kekurangannya. Oleh sebab itu pilih peralatan yang spesifikasi dan fiturnya dibutuhkan oleh kantor.

Biaya Peralatan

Setiap peralatan kantor selain memiliki fitur dan spesifikasi yang berbeda juga memiliki harga yang bervariasi. Perbedaan harga bisa karena kualitas atau merk produk. Memilih peralatan harus yang harganya sesuai dengan budget yang ada. Jika peralatan digunakan untuk jangka waktu yang panjang, sebaiknya cari peralatan yang berkualitas dan awet.

Jika budget dananya pas-pasan, bisa disiasati dengan membeli peralatan kantor yang dioperasikan dengan cara manual. Karena biasanya harganya lebih murah dibandingkan dengan peralatan yang otomatis atau digital.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *