Tips Memilih Peralatan Kantor

Dalam mendirikan kantor salah satu hal yang juga penting dilakukan adalah memilih perlengkapan kantor yang akan digunakan untuk menunjang kegiatan perkantoran. Ada banyak jenis dan merek alat dan perlengkapan kantor yang tersedia di toko, oleh karena itulah dibutuhkan strategi memilih peralatan kantor tersebut agar dalam penggunaanya bisa efektif dengan pengeluaran biaya yang efisien. Kelengkapan dan peralatan kantor memang akan sangat mendukung dalam kinerja semua karyawan yang ada di kantor. Sebagus apapun kantor yang ada, jika tidak di dukung dengan berbagai peralatan dan perlengkapan kantor yang baik, maka akan dapat mengganggu kelancaran dalam bekerja. Banyak kejadian, karena hal sepele pekerjaan musti tertunda dalam waktu berjam-jam hanya karena sarana-prasarana tidak ada.

Beberapa tips memilih peralatan kantor yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut :

  • Tujuan penggunaan peralatan

Dalam memilih peralatan kantor, satu hal yang harus menjadi pertimbangan adalah tentang tujuan penggunaan peralatan kantor tersebut. Banyak orang yang memiliki kantor baru terkadang membeli semua perlengkapan namun pada kenyataanya tidak semua dipakai saat bekerja. Sebelum membelanjakan uang untuk membeli peralatan dan perlengkapan, ada baiknya membuat daftar secara rinci berbagai perlengkapan yang benar-benar dibutuhkan, sehingga apa yang dibelanjakan akan sesuai dengan tujuan penggunaan peralatan. Selain itu dengan membuat daftar belanja maka saat berada di toko ATK tidak terjebak untuk “memborong” peralatan yang sebenarnya belum/tidak dibutuhkan.

  • Memilih peralatan yang sesuai

Setiap bidang pekerjaan dalam kantor biasanya akan memiliki perbedaan perlengkapan yang dibutuhkan. Untuk itulah dibutuhkan kejelian dalam memilih perlengkapan kantor agar dapat sesuai dengan bidang pekerjaan yang ada di kantor tersebut. Misalnya saja, kantor yang bergerak dibidang jasa desain tentu berbeda dengan kantor yang bergerak dibidang jasa travel. Kantor yang melayani jasa desain biasanya akan membutuhkan beberapa perlengkapan seperti printer laser, scanner gambar, kamera foto, dan lain-lain, sedangkan untuk kantor bidang jasa travel tidak begitu membutuhkan peralatan tersebut.

  • Spesifikasi peralatan

Seiring perkembangan teknologi yang ada saat ini, spesifikasi peralatan kantor juga memiliki banyak ragam. Hampir setiap merek juga memiliki fitur yang berbeda, memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, oleh karena itu dalam memilih peralatan kantor juga harus disesuaikan dengan kebutuhan kantor. Misalnya saja dalam membeli kamera untuk dokumentasi kantor, bagi yang membutuhkan data foto dengan resulusi tinggi dan hasilnya bagus bisa membeli kamera DSLR yang memiliki fitur lebih lengkap, namun jika hanya untuk dokumentasi biasa bisa menggunakan kamera poket. Begitu pula dalam memilih perlengkapan kantor lainnya seperti printer, komputer, dll.

  • Biaya peralatan;

Setiap jenis peralatan dan perlengkapan kantor selain memiliki spesifikasi yang berbeda tentu juga memiliki harga yang berbeda. Perbedaan harga ini bisa dipegaruhi oleh kualitas produk maupun brand yang melekat pada produk tersebut. Pengadaan perlengkapan hendaknya mempertimbangkan kondisi keuangan yang dimiliki perusahaan. Untuk peralatan yang akan digunakan untuk jangka waktu yang lama, usahakan untuk mencari kualitas terbaik agar lebih awet meski biaya lebih tinggi. Jika dana yang tersedia pas-pasan bisa disiasati dengan membeli peralatan yang dioperasikan secara manual, karena dari sisi harga biasanya lebih murah jika dibanding peralatan yang menggunakan mesin ataupun digital.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *