Tips Menata Alat Kantor Pada Ruangan yang Sempit

Bekerja di kantor biasanya akan memberi Anda konsekuensi untuk berada di sana selama kurang lebih 8 jam. Waktu tersebut bukanlah waktu yang singkat sehingga bisa saja menjadikan Anda bosan apalagi jika tatanan meja tidak mendukung. Penyimpanan alat kantor yang tidak rapi dan tidak enak dipandang sangat berpengaruh pada kualitas kerja misalnya ketika Anda justru menghabiskan banyak waktu untuk mencarinya. Hal ini akan semakin parah apabila ruangan yang disediakan untuk Anda bekerja sempit sehingga susah untuk menata peralatan dengan rapi.

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menata peralatan kantor Anda agar bisa disimpan dengan rapi dan ditemukan dengan mudah meski ruangan yang digunakan tidak terlalu luas:

  • Buat rak bersusun ke atas.

Jika ruangan Anda memiliki dinding yang cukup kuat maka buatlah rak bersusun ke atas yang menempel dinding. Panjang rak bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda begitu juga dengan jumlah sub yang bisa dipasang. Dengan rak yang bersusun ke atas, Anda akan menghemat tempat untuk meletakkan dokumen serta perlengkapan kantor lainnya. Jika Anda hanya memiliki meja saja, maka belilah rak susun yang bisa diletakkan di atas meja dan memanjang ke atas.

  • Beli gabus tempel.

Jika Anda memiliki banyak catatan kecil, menempatkannya di atas meja saja bisa membuatnya berserakan. Karenanya ada baiknya Anda memiliki alat kantor berupa gabus kotak yang cukup luas untuk dijadikan gabus tempel semua catatan yang menurut Anda penting dan harus diingat. Gabus tempel bisa diletakkan dengan cara digantung di dinding terdekat atau di dinding meja. Jangan lupa membeli paku tempel sebagai alat menempelkan catatan. Jika catatan sudah tidak berlaku, segera buang agar terlihat tetap rapi.

  • Beli tempat alat tulis tersendiri.

Alat tulis seperti bolpoin, tip-ex, penggaris, pensil, penghapus dan sebagainya perlu diletakkan tersendiri sehingga bisa Anda ambil dengan mudah. Belilah tempat alat tulis kotak yang bisa dimasukkan dalam laci. Tempatkan semua alat tulis di kotak tersebut dan simpan dalam laci sehingga sewaktu-waktu Anda memerlukannya, tinggal meraih laci dan membukanya. Namun Anda juga harus ingat untuk mengembalikannya setelah digunakan.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk membuat tatanan kantor sempit tetap menjadi rapi dan teratur. Dengan menata alat kantor maka Anda diharapkan akan bisa bekerja dengan lebih bersemangat dengan suasana yang mendukung. Namun penataan tidak akan bisa membantu lama jika Anda tidak menerapkan kebiasaan untuk meletakkan alat-alat kembali ke tempatnya semula. Karenanya berlatihlah setiap saat untuk mulai membiasakan hal tersebut agar penataan ruang kerja tetap rapi dan teratur selama Anda bekerja di sana.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *