Tips Menata Lemari Buku Demi Kemudahan dan Estetika

Buku adalah jendela untuk melihat dunia. Pepatah yang satu ini memang benar adanya karena dari buku ilmu pengetahuan bisa lebih digali dan diketahui. Buku sebagai sumber pengetahuan tentu harus dihargai dan dihormati sehingga menempatkannya secara khusus pada lemari buku akan menjadi langkah tepat. Memang sederhana, namun hal ini juga akan mampu membuat buku lebih awet, tidak mudah tertekuk dan estetika pun akan lebih meningkat.

Menata buku di lemari atau rak buku sebetulnya mudah dilakukan, namun memang butuh sedikit usaha. Dengan menatanya secara baik, maka Anda akan mampu menemukan buku secara mudah nantinya. Lalu bagaimana cara menata dengan mudah? Berikut ini tipsnya

  • Sesuai urut abjad

Metode yang satu ini adalah cara termudah untuk menata buku di lemari Anda. Dengan cara ini, maka Anda akan mudah menemukan buku yang dimaksud nantinya. Anda bisa mengurutkan dari nama pengarang ataupun judulnya sesuai kemudahan Anda dalam mengingatnya. Pikirkan juga urutannya dari rak yang satu ke rak lainnya sehingga mampu memberikan kemudahan lebih.

  • Sesuai urut abjad dan kategori

Susunan buku di lemari buku perpustakaan biasanya menggunakan cara yang satu ini dimana disesuaikan dengan kategori terlebih dulu baru ke abjadnya. Untuk menatanya, cukup mengelompokkan buku sesuai dengan kategori, misalnya biografi, motivasi, ekonomi dan sebagainya sesuai kebutuhan. Selanjutnya tinggal susun berdasar dari abjadnya.

  • Sesuai ukuran buku

Buku biasanya memiliki ukuran yang berbeda-beda sehingga demi bisa memanfaatkan ruang di rak adalah dengan menata sesuai ukuran. Hal ini karena beberapa buku tidak muat di rak atas dan hanya bisa di rak bawah dan sebagainya. Namun untuk mencarinya nanti, maka Anda harus bisa mengingat betul ukuran buku itu nantinya.

  • Sesuai warna

Jika Anda amat mementingkan estetika, maka cara menata buku sesuai dengan warna akan bisa dilakukan. Metode ini akan menjadikan buku seperti pelangi dan berpadu bagus di lemari Anda. Sortir terlebih dulu buku dari warnanya yang tebal lalu kemudian berlanjut ke warna yang lebih muda sehingga seperti ada efek gradasinya.

 Baca juga beberapa tips tentang dunia perkantoran hanya di provokantor.com

Itulah beberapa tips dalam menata buku agar menjadi lebih bagus dan mudah dicari di lemari buku. Menata dengan cara apapun, yang terpenting adalah disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Jika Anda cukup sulit mengingat, maka Anda bisa menggunakan cara pertama dan kedua. Namun jika Anda lebih mementingkan estetika, maka cara ketiga dan keempat akan membuat lemari lebih terlihat tertata dengan rapi. Buku merupakan salah satu sumber untuk bisa mendapatkan pengetahuan yang mendalam. Oleh karena itu, menghargai buku menjadi salah satu bukti bahwa kita juga menghargai pengetahuan tersebut dengan merawat dan menatanya dengan baik.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *