Tips Mendesain Interior Rumah Minimalis

Lahan yang semakin sempit membuat banyak orang memilih untuk membangun rumah dengan gaya minimalis. Akan tetapi, selain keterbatasan lahan, alasan lain mendesain dengan rumah minimalis adalah karena memiliki kesan santai dan sederhana, namun tetap elegan. Berikut ini adalah beberapa tips untuk mendesain interior ruangan pada sebuah rumah dengan gaya minimalis:

  1. Pilih Warna Cerah

Untuk mendesain rumah bergaya minimalis, salah satu yang harus diperhatikan adalah warna cat. Pilih warna yang cerah seperti putih, kuning, atau hijau muda, sehingga meskipun minimalis, tapi ruangan akan terkesan luas.

  1. Gunakan Furniture Secukupnya

Untuk rumah minimalis, furniture yang dibutuhkan pun cukup yang minimalis. Tak perlu menggunakan beragam jenis barang, apalagi yang memiliki ukuran yang besar, karena itu justru akan menghilangkan kesan minimalis dari rumah serta mempersempit ruangan. Pilih perabot yang sederhana, dan sebisa mungkin cari yang memiliki fungsi ganda. Misalnya meja tv sekaligus rak buku, atau sofa sekaligus tempat tidur.

  1. Jendela yang Lebar

Pilih jendela dengan penampang lebar dengan kaca bening yang tembus cahaya. Jendela yang lebar akan membuat banyak cahaya masuk ke dalam rumah, selain membantu pencahayaan, juga akan memberikan kesan lebih luas pada ruangan.

  1. Pasang Cermin Besar

Pada kamar bisa memasang cermin besar pada dinding, selain membuat ruangan lebih artistik, cara ini juga untuk memberikan ilusi agar ruangan terlihat besar dan luas.

Baca Juga: PERABOTAN RUMAH TANGGA YANG COCOK UNTUK RUMAH MINIMALIS

  1. Rapikan Area Dinding dan Lantai

Jangan terlalu banyak memasang hiasan pada dinding, cukup pasang satu atau dua hiasan dalam satu petak dinding. Selain dinding, jangan lupa bersihkan bagian lantai juga, jangan sampai banyak barang yang menumpuk di lantai sehingga memberikan kesan kotor dan tidak tertata.

  1. Tak Perlu Penyekat

Jika pada ruangan yang luas, biasanya butuh penyekat untuk memberikan batas antara ruangan satu dengan ruangan yang lainnya. Pada rumah bergaya minimalis, penyekat tidak diperlukan, karena justru akan membuat ruangan semakin sempit dan ruwet. Biarkan ruangan tanpa batasan, sehingga orang yang duduk di ruang tamu bisa melihat orang yang sedang memasak di dapur, atau orang yang sedang di dapur bisa bercakap-cakap dengan orang yang sedang berada di meja makan.

  1. Maksimalkan Fungsi Gudang

Singkirkan barang-barang yang tidak memiliki fungsi yang penting, oleh karena itu, keberadaan gudang di rumah dengan gaya minimalis sangatlah penting. Simpan semua barang-barang yang tidak terlalu penting ke dalam gudang, dan barang-barang ini kelak bisa dijual di toko online barang bekas atau dijual di garage sale. Sehingga rumah menjadi simpel dan minimalis, namun barang-barang lainnya tetap bisa dijual kembali.

Itulah tips desain yang bisa diterapkan pada rumah minimalis, sehingga rumah yang kecil bisa menjadi senyaman istana.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *