Tips Mengatur Ruang Kerja Agar Suasana Kantor Nyaman dan Produktif

Tips Mengatur Ruang Kerja Agar Suasana Kantor Nyaman dan Produktif

Bekerja di kantor tak jarang menyita sebagian dari waktu kita dari mulai pagi hingga malam hari. Sehingga tak salah jika banyak yang mengatakan bahwa kantor merupakan tempat tinggal kedua selain rumah. Suasana kantor yang kondusif akan membuat seseorang nyaman bekerja dan lebih produktif. Faktor pemicunya tidak hanya rekan kerja yang menyenangkan dan saling menghormati satu sama lain saja. Namun penataan ruang kantor juga turut mempengaruhi.

 Tips Mengatur Ruang Kerja Agar Suasana Kantor Nyaman dan Produktif

Hal ini mungkin terkesan remeh. Namun tak jarang ruangan yang tak terkonsep dengan baik membuat pekerja ataupun orang di dalamnya kurang semangat. Bahkan bisa juga membuat seseorang tidak bisa berpikir kreatif. Untuk mereka yang bekerja di industri kreatif, penataan ruang menjadi salah satu hal yang tidak boleh diabaikan. Karena sebagai salah satu sarana untuk bisa memunculkan ide-ide kreatif. Untuk itu penting sekali mengatur ruang kerja sebaik mungkin untuk kenyamanan bekerja.

Untuk membuat suasana kantor nyaman dan menyenangkan, Anda harus membuat beberapa perubahan-perubahan kecil pada ruangan kerja. Agar tidak salah langkah, berikut ini ada tips-tipsnya:

  • Rapikan meja kerja.

Keadaan meja kerja yang berantakan dan penuh dengan kertas maupun alat tulis yang berserakan tak jarang membuat suasana kerja menjadi suntuk. Tak jarang seseorang menjadi mudah uring-uringan dan tidak produktif. Untuk itu rapikan meja kerja Anda. Letakkan dokumen atau benda yang sedang tidak digunakan pada tempat yang semestinya. Sehingga Anda hanya menaruh benda-benda yang memang sedang Anda gunakan untuk bekerja.

  • Menambahkan tanaman hidup untuk menyejukkan mata.

Saat di ruangan kerja, sedikit banyak kita selalu berhadapan dengan lembaran dokumen, alat tulis, maupun benda-benda elektronik. Bagi beberapa orang, hal ini tak jarang membuat bosan dan mudah stress. Terlebih jika bekerja di sebuah ruangan yang tertutup. Nah, untuk itu Anda bisa mencoba melakukan perubahan dengan menambahkan beberapa tanaman hijau untuk hiasan meja yang bisa menyejukkan mata. Pilih tanaman yang mudah dalam perawatannya dan tidak memakan banyak tempat, seperti kaktus mini.

  • Memilih warna yang produktif.

Warna juga sangat berpengaruh terhadap produktivitas kerja. Untuk itu, saat pengaturan ruang kerja pilihlah warna yang bisa meningkatkan semangat kerja, seperti biru, hijau, kuning, ataupun merah.

  • Menggunakan bantalan kursi.

Tempat duduk yang nyaman juga sangat mempengaruhi produktivitas kerja. Terlebih jika sebagian besar pekerjaan dihabiskan dengan duduk di depan meja atau komputer. Agar bisa duduk dengan nyaman dan punggung tidak mudah lelah, Anda bisa menggunakan bantalan kursi.

  • Menaruh foto keluarga.

Agar lebih semangat bekerja, Anda bisa menaruh foto keluarga di meja kerja. Atur sedemikian mungkin agar tidak mengganggu aktivitas kerja Anda. Bisa juga dengan menaruh foto keluarga di desktop layar komputer. Hal ini secara tidak langsung juga akan menimbulkan suasana kantor layaknya suasana di rumah.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *