Tips Mengelola Alat Tulis Kantor yang Tepat

Tips Mengelola Alat Tulis Kantor yang Tepat

Saat Anda bekerja di kantor, pasti tidak akan terlepas dari berbagai macam produk alat tulis dan berbagai perlengkapan kebutuhan kantor yang biasa disediakan oleh perusahaan. Alat tulis kantor ini biasanya banyak sekali macamnya, mulai dari alat tulis, office equipment, office furniture, filling dan dokumen sistem, dan lain sebagainya.

Tips Mengelola Alat Tulis Kantor yang Tepat

Karena begitu banyaknya jenis alat tulis kantor, tentu Anda pun harus menjaga dan mengelola peralatannya dengan benar. Hal tersebut harus diperhatikan agar tidak terjadi pemborosan. Meskipun memang merupakan hal kecil, tapi jika dilakukan terus menerus, tetap saja akan berakibat pada pengeluaran budget yang besar.

Jika Anda ingin terhindar dari pemborosan karena kurangnya pengelolaan yang baik dalam mengelola alat tulis kantor Anda, tentu Anda harus perhatikan beberapa hal berikut untuk membantu pengelolaan yang lebih baik.

Pilih Produk Tepat

Dalam mengelola alat tulis untuk kantor Anda, Anda harus memilih produk yang memang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda harus mengenali nama, jenis dan tipe dari setiap produk yang akan Anda gunakan. Sebagai contohnya adalah, penggunaan map yang memiliki model dan kegunaan berbeda. Pun juga dengan tempat penyimpanan berkas seperti amplop. Hal terkecil seperti pulpen pun perlu diperhatikan seperti warna dan tipe tinta di dalamnya. Usahakan untuk membuat daftar belian terlebih dahulu untuk menghindari pembelian barang yang tidak berguna.

Fokuskan juga Kualitas

Sebagaimana jumlah barang yang harus dibeli, tentunya Anda perhatikan juga kualitas dari alat tulis kantor tersebut. Setidaknya, harus dipastikan bahwa barang yang Anda pilih bisa lebih tahan lama. Bandingkan juga kualitas dengan harga. Jangan sampai Anda membeli barang yang harganya tinggi, namun kualitasnya tidak sebanding.

Planning Tahunan

Menjadi hal yang baik apabila Anda mampu melakukan perkiraan jumlah untuk memenuhi kebutuhan kantor Anda dengan matang, misalnya membuat planning tahunan. Apalagi jika pekerja Anda cukup banyak. Untuk lebih menghemat, Anda bisa langsung membelinya kepada supplier agar mendapatkan potongan harga yang menguntungkan.

Siapkan Budget Refill

Wajar saja jika perencanaan persediaan alat tulis apalagi untuk rencana tahunan itu tidak sesuai, entah karena salah penghitungan, adanya proyek yang memakan waktu lebih lama, atau mungkin Anda mendapat tambahan karyawan. Untuk itu, Anda perlu menyediakan budget tambahan untuk isi ulang alat tulis di kantor Anda jikalau ternyata alat yang sudah dianggarkan tahunan tidak mencukupi.

Penggunaan yang Bertanggung Jawab

Hal penting yang tidak boleh luput dari perhatian pun adalah penekanan pada karyawan agar lebih bertanggung jawab dalam menggunakan semua alat tulis yang disediakan oleh kantor. Anda bisa membuat pengertian pada karyawan seperti, misalnya untuk tidak menggunakan kertas secara berlebihan apalagi jika tidak berguna secara efisien. Anda juga bisa lebih memberikan pengertian lain bahwa hal itu selain menghamburkan peralatan, juga bisa berkontribusi pada rusaknya lingkungan karena bagaimana pun penggunaan kertas berasal dari pohon-pohon yang harus ditebang.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *