Tips Menulis Menggunakan Kertas HVS

Tips Menulis Menggunakan Kertas HVS

Sebelum masuk tentang penulisan menggunakan kertas hvs artikel ini akan memahami pengertian kertas hvs, banyak yang belum mengerti kepanjangan dari HVS, HVS adalah Houtvrij Schrijfpapier yang berasal dari bahasa Belanda, artinya sebuah kertas tulis yang berasal dari serat kayu.

Tips Menulis Menggunakan Kertas HVS

Banyaknya jenis kertas membuat istilah ini menjadi tidak asing dalam dunia percetakan dan perkantoran. Kertas hvs tersebut yang dibuat dari bahan pulp atau bubur kertas, yang dimaksud dengan bubur kertas bahan yang tidak memiliki kandungan lignin  atau disebut dengan perekat yang ada di dalam pohon bahan tersebut yang membuat kertas ini menadi lebih tahan lama ddan tidak mudah pudar warna seperti bahan kertas yang lain.

Bahkan kertas ini saat ini menjadi kebutuhan penting berbagai kantor dan percetakan dengan kuwalitas yang sangat baik dan sekarang masih tersedia juga berbagai ukuran. Semakin banyaknya kebutuhan masyarakat menggunakan kertas hvs, pihak produsen menyediakan brbagai type ukuran dari dimensi dan berat yang sesuai dengan kebutuhan para konsumen.

Khusus untuk di Indonesia istilah hvs ada tiga versi untuk ukuran berat yang pertama dengan berat 60 gr, versi kedua dengan bera 70 gr sedangkan untuk yang ketiga 80 gr. Sedangkan untuk ukuran dimensi secara umum kerta ini digunakan dalam 2 versi, yakni dengan ukuran Kuarto dan yang kedua menggunakan ukuran Folio.

Nah banyak yang kurang paham apa sih bedanya kerta kuarto dan kertas hvs. Kuarto ialah kertas yang sering disebut dengan A4 yang memiliki ukuran dimensi 21X29,7cm. Sedangkan untuk kertas folio yang sering disebut dengan f4 dengan dimensi ukuran 21.5 x 32,5 cm.

Kertas ini hanya berupa lembaran putih tidak ada garisnya bahkan garis tepi pun juga tidak ada, akan tetapi kertas tersebut memiliki fugsi yang banyak diantaranya yang sering dipakai sebagai berikut:

  1. Untuk menggambar
  2. Untuk membuat tugas makalah atau skripsi
  3. Untuk menulis berbagai macam surat
  4. Untuk lembar jawaban saat ujian

Selanjutnya dalam artikel ini akan memberikan tips untuk mengatur ukuran halaman kertas hvs F4 di Micrsoft word masih banyak para pengguna PC atau komputer belum memahami cara untuk mengatur halaman yang benar sesuai dengan stadnar penggunaannya.  Karena yang sering digunakan ukuran A4 seperti yang digunakan dalam penulisan tugas makalah untuk anak kuliah dan engerjaan sekripsi.

Jika menggunakan kertas F4 dan yang digunkana A4 maka hasilnya akan terlalu banyak ruang kosong dalam kertas tersebut. Untuk ukurang kertas F4 ialah 21,59 cm X 33 cm. Langkah selanjutnya anda langsung buka page layout pada microsoft Word  di PC anda, perhatikan di size apakah sudah ada jika belum ada sebaiknya dirubah ke ukuran F4. Semoga dengan artikel dapat membantu anda dalam menggunakan dan mengatur berbagai dokumen anda.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *