merawat komputer

Tips Merawat Komputer Agar Tidak Mudah Rusak

Pada saat ini penggunaan komputer semakin penting saja, karena memang komputer adalah salah satu alat yang dapat membantu seseorang untuk melakukan tugasnya. Komputer akan selalu dipakai oleh siapa saja dan dari segi apa saja. sehingga bisa dibilang bahwa komputer memegang peranan penting dalam kehidupan seseorang. Perusahaan atau bahkan pelajar tidak akan dapat lepas dari yang namanya komputer. Ini yang membuat penggunaan komputer selalu digunakan setiap hari. Namun Anda harus ingat bahwa komputer juga merupakan alat yang dapat rusak apabila dipakai dengan tanpa aturan. Maka dari itu bagi Anda yang menggunakan komputer maka Anda harus tahu apa saja tips merawat komputer yang dapat Anda lakukan untuk membuat komputer Anda tidak mudah rusak. Sebab Anda tahu bahwa apabila komputer Anda rusak maka akibatnya akan lebih fatal untuk Anda. Bukan karena komputernya, melainkan data atau isi yang ada di komputer tersebut adalah hal yang paling penting untuk Anda yang harus Anda amankan.

Dengan merawat komputer secara baik maka Anda tidak hanya membuat komputer menjadi tidak mudah rusak namun cara kerja komputer tersebut juga akan lebih baik. Maka dari itu beberapa tips yang dapat Anda lakukan adalah:

  • Mematikan komputer pada saat tidak dipakai

Apabila Anda tidak memakai komputer maka sebaiknya Anda mematikan komputer dengan benar. Tidak mematikan dengan mode tidur.

  • Tidak menggunakan komputer selama satu hari penuh

Walaupun komputer penting namun jangan gunakan komputer secara terusan-terusan selama seharian.

Baca Juga : Tips merawat scanner agar lebih awet

Membiarkan komputer menyala pada saat tidak digunakan adalah akan membuat komputer menjadi lebih panas dan akan bekerja dengan kurang maksimal. Selain itu apabila Anda juga memakai komputer ini secara berlebihan tanpa komputer tersebut istirahat maka tentu saja komputer akan lebih mudah error. Dan tips merawat komputer lainnya adalah Anda tidak harus membuka beberapa aplikasi sekaligus.

Tips ini adalah tidak hanya untuk membuat komputer tidak mudah rusak saja, namun juga untuk membuat komputer menjadi selalu baik dalam bekerja dan tidak pernah error. Sehingga apabila Anda membuka aplikasi yang banyak dalam satu waktu maka cara kerja komputer akan menjadi lebih lambat. Dan beberapa tips lainnya yang harus Anda lakukan adalah:

  1. Meletakkan komputer pada tempat yang teduh.
  2. Meletakkan komputer pada meja yang permukaannya halus dan datar.

Komputer adalah barang yang mudah panas. Sehingga akan lebih baik jika Anda meletakkan komputer Anda pada tempat yang teduh, jauh dari barang elektronik lainnya serta juga tidak terkena cahaya matahari. Dan tips merawat komputer lainnya adalah Anda harus meletakkan komputer Anda pada meja yang permukaannya halus dan juga meja yang posisinya datar.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *