Tips Mudah Merawat Scanner

Bila Anda memiliki scanner, Anda sebaiknya membersihkan dan merawat scanner tersebut dengan benar dan hati-hati. Perlu Anda ketahui, scanner merupakan perangkat elektronik yang sensitif dan cukup rentan mengalami masalah. Bila scanner Anda dipergunakan di rumah, pastikan jauh dari jangkauan anak-anak dan tidak dimainkan oleh mereka. Bila alat ini dipergunakan untuk bisnis, pastikan operatornya tidak sering gonta-ganti. Mereka yang tidak paham rentan menggunakannya sembarangan dan scanner Anda pun terancam mengalami masalah.

Lalu bagaimana cara merawat scanner yang baik dan benar? Simak caranya di bawah ini.

  1. Bersihkan dari debu

Untuk merawat scanner, Anda harus rajin membersihkan debu yang menempel agar debu tidak masuk ke bagian dalam mesin scanner. Bila tidak, hasil pemindaian bisa terganggu dan mesin bisa mengalami masalah. Bila memungkinkan, gunakan penutup scanner berbahan kain atau plastik agar debu tidak mudah menempel pada mesin dan bersihkan peralatan setiap kali selesai digunakan.

Untuk scanner portabel, selain bagian luar, bersihkan juga bagian dalam perangkat seperti roller agar proses penarikan kertas tidak mengalami masalah. Buka dengan hati-hati mesin scanner Anda sesuai prosedur, kemudian gunakan lap basah untuk membersihkan roller.

Adanya debu sering kali menmbulkan berbagai masalah pada pengoperasian mesin scanner, seperti hasil yang bergeser dan tidak jelas. Oleh sebab itu, Anda senantiasa harus memperhatikan kebersihan perangkat scanner Anda tersebut.

  1. Hati-hati dengan anak staples

Ketika hendak memindai sebuah dokumen, pastikan tidak ada anak staples yang melekat. Anak staples bisa merusak bagian mata scanner atau kaca scanner pada saat proses pemindaian berlangsung. Ini harus selalu Anda ingat karena dokumen sering kali diserahkan dalam kondisi ter-staples.

  1. Matikan jika sudah tidak digunakan

Selain bisa menghemat penggunaan energi listrik, ini bisa mencegah timbulnya berbagai masalah pada mesin.

  1. Pelajari bagian-bagian secanner dan fungsinya

Bila Anda merasa cukup mahir, Anda bisa melakukan perbaikan dan perawatan bagian dalam mesin sendiri. Namun, pastikan Anda mempelajari dan memahami bagian-bagian dan fungsi-fungsinya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga : CARA PALING EFEKTIF MERAWAT PRINTER

  1. Gunakan lap lembut untuk membersihkan kaca scanner

Ini berguna untuk menjaga kaca agar tidak tergores. Agar bersih maksimal, Anda bisa menambahkan cairan alkohol pada lap tersebut. Anda juga bisa menggunakan cairan khusus pembersih peralatan elektronik yang banyak dijual di pasaran. Cairan ini dapat mempermudah proses pembersihan debu yang menempel pada perangkat scanner.

  1. Hal-hal lain yang harus diperhatikan

Jika akan memindai dokumen berbahan tebal seperti majalah, Anda tidak boleh memaksakan untuk menutup bagian permukaan karena bisa membuat engsel penutup scanner kendur atau bahkan patah dan rusak.

Jika terjadi gangguan pada proses pemindaian, terutama pada kualitas hasil pemindaian, Anda sebaiknya segera memperbaikinya. Bila Anda bisa, Anda bisa melakukannya sendiri. Bila tidak, panggillah ahlinya.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *