Tips Terbaik yang Bisa Anda Lakukan untuk Mencegah Flashdisk Terkena Virus

Menyimpan file yang berbasis format data dari komputer sekarang ini mempunyai banyak alat yang bisa dipilih. Misalnya apabila dahulu ada kaset, harddisk, bahkan juga kartu memory dengan kapasitas tersebut agar dapat untuk menyimpan file. Sekarang ini ada jenis alat penyimpanan yang lebih mudah dibawa kemana-mana dan juga mempunyai fungsi untuk dapat menyimpan file dengan mudah. Alat tersebut adalah flashdisk yang mempunyai bentuk yang kecil dan bisa dibawa kemana-mana.

Alat penyimpanan data tersebut bisa didapatkan dengan harga yang beragam tergantung dari merek yang ditawarkan di pasarkan. Harganya juga terjangkau yang bisa dipilih dari harga puluhan ribu rupiah saja dan tergantung dari kapasitas yang dipilih untuk penyimpanannya. Ada yang kapasitas 2 gb, 4 gb, 8 gb, 16 gb, dan juga kapasitas yang lebih besar yang akan mempunyai harga yang lebih mahal. Selain dari kapasitasnya, Anda juga dapat untuk memilih dari berbagai pilihan lainnya yaitu dari model dan desain yang ditawarkan yang ada di pasaran. Sebagai salah satu media penyimpanan data, alat ini memang sangat efektif untuk digunakan karena dapat menyimpan banyak data dan juga berbagai jenis data dari gambar, video, musik, dokumen, dan juga data lainnya. Oleh karena itulah tidak heran apabila alat ini sangat disukai sebagai penyimpanan data.

Selain mempunyai kelebihan, flashdisk ini juga tentunya mempunyai kekurangan tertentu. Salah satunya adalah dapat dengan mudah terkena virus dari komputer apabila sedang mentransfer data. Oleh karena itulah disarankan untuk bisa melakukan langkah tepat untuk mencegah virus yang akan dapat merusak data yang ada di dalamnya. Cara untuk mencegah pertama adalah dapat menggunakan cara manual yaitu dengan memformatnya apabila terkena virus.

Sedangkan untuk langkah kedua adalah menggunakan fitur antivirus. Dimana ada beberapa antivirus yang bisa dipilih dan digunakan untuk mencegah virus masuk. Caranya sendiri sangat mudah yaitu cukup dengan melakukan langkah berikut ini

  • Hubungkan alat penyimpanan data ini pada komputer yang akan mentransfer data.
  • Pastikan untuk membuka antivirus yang Anda punyai dan lakukan scanning.
  • Tunggu hingga prosesnya selesai dan pastikan tidak ada virus yang terdeteksi dan juga pastikan komputer Anda aman.
  • Ketika akan mencabutnya pastikan memenuhi langkah yang tepat sehingga tidak akan terkena virus yang tidak diinginkan.

Sedangkan untuk cara pencegahan virus selanjutnya agar tidak masuk ke dalam flashdisk dan merusak data di dalamnya adalah menggunakan command prompt. Cara pencegahan virus tersebut dapat dilakukan dengan mudah dengan prosedur seperti di bawah ini:

  • Membuka fitur CMD, klik Window+R, CMD dan Ok.
  • Masukkan alat penyimpanan data.
  • Ketika md autorun.inf dan tekan enter.
  • Ketika md autorun.inf\aux\\.\\ dan kemudian tekan enter.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *