Trik Merawat Komputer Kantor Sehingga Tidak Lemot dan Tahan Lama

Trik Merawat Komputer Kantor Sehingga Tidak Lemot dan Tahan Lama

Komputer dan laptop tentu sudah menjadi perangkat yang amat penting di kehidupan masa kini. Tak hanya pekerja saja yang membutuhkan komputer, namun kini pelajar, mahasiswa hingga masyarakat biasa pun juga butuh dengan perangkat komputer. Namun untuk bisa memiliki komputer dengan performa yang maksimal, maka tentu Anda harus merawat komputer tersebut mengingat komputer juga mesin yang butuh di sayang.

Trik Merawat Komputer Kantor Sehingga Tidak Lemot dan Tahan Lama 

Sebetulnya untuk perawatan komputer sendiri tidak sulit, namun kendalanya adalah pada konsistensi pemilik komputer itu. Biasanya perawatan komputer bagian luar akan bisa pengaruhi bagian dalam komputernya juga. Komputer lemot kadang tak melulu masalah pada perangkat lunaknya, namun juga dari kebersihan perangkat kerasnya juga. Itulah mengapa penting sekali bagi pemilik komputer mengetahui trik dalam perawatan komputer secara benar. 

Berikut ini beberapa tips dalam perawatan komputer yang harus Anda tahu sehingga komputer selalu memiliki performa maksimal

  • Pakailah stabilizer serta UPS sehingga tegangan listriknya bisa lebih stabil. Tegangan listrik tinggi bisa rusak perangkat keras pada komputer misalnya saja di bagian power supply.
  • Hindari mematikan komputer dengan pencabutan langsung colokannya di saat komputer menyala. Mematikan komputer sesuai dengan prosedurnya akan bisa jadi cara merawat komputer yang termudah. Pastikan gunakan menu Shut Down.
  • Hindarkan komputer dari sengat matahari secara langsung. Untuk itu dari segi penempatan pun harus diperhatikan.
  • Hindarkan juga menaruh benda berbentuk cair di dekat komputer. Biasanya banyak pengguna komputer yang sambil menaruh minuman di dekat komputer dimana berpotensi tumpah ke komputer yang bisa ganggu perangkat di dalam komputer.
  • Hindarkan juga benda dengan sifat magnet karena hal ini mampu rusak monitor serta perangkat keras mengingat semua perangkat keras komputer terbuat dari besi dan logam.
  • Upayakan untuk membersihkan CPU serta perangkat keras lain dengan berkala. Pilih kain halus dan cat kuas yang kecil. Beberapa perangkat yang butuh diperhatikan kebersihannya mulai dari power supply, RAM, motherboard hingga cool fan.
  • Tak hanya perangkat keras saja yang harus dilindungi, namun perangkat lunak juga perlu perlindungan. Anda bisa gunakan antivirus di dalam komputer dan melakukan scan berkala misal seminggu sekali.
  • Cek data Anda juga dengan berkala sehingga antisipasi kelebihan kapasitas pada drive komputernya.
  • Pakai aplikasi di dalam komputer secukupnya yang memang hanya dibutuhkan untuk bisa bantu kinerja Anda dan tak beratkan komputer.

Memiliki komputer dengan kinerja yang maksimal dan cepat tentu akan menjadi hal yang sangat mendukung pekerjaan Anda. Namun ingat lagi jika untuk mendapatkan komputer dengan performa bagus, maka merawat komputer adalah kewajiban Anda. Komputer kantor juga perlu perawatan secara berkala sehingga dengan demikian kerja Anda pun lebih terbantu.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *