Trik Tepat untuk Mewarnai dengan Spidol Warna

Saat Anda di toko buku atau di toko perlengkapan alat tulis, Anda tidak hanya bisa menemukan pena atau pensil sebagai alat tulis namun juga spidolAlat tulis tersebut memiliki ukuran yang berbeda dan fungsi yang berbeda sesuai dengan bentuknya. Alat tulis tersebut memerlukan tinta cair yang tersimpan di bahan padat yang ada di dalamnya dan kemudian menyalurkannya ke bahan padat runcing yang ada di ujung dari alat tulis tersebut.

Alat tulis ini ada yang memiliki warna sehingga juga digunakan untuk pewarna. Dengan menggunakan pewarna yang menggunakan tinta cair ini Anda tetap bisa mendapatkan gradasi warna namun tidak bisa sehalus seperti saat Anda menggunakan pewarna lain misalnya menggunakan krayon. Sebelum Anda menggunakannya sebagai pewarna misalnya untuk mewarnai suatu pola di buku gambar, Anda harus memperhatikan kertas atau media yang dipergunakan terlebih dahulu. Hal tersebut disebabkan karena alat tulis tersebut memiliki tinta cair yang bisa menyebabkan kertas mudah berlubang jika penggunaannya tidak tepat. Hindari untuk mewarnai di atas kertas yang tipis agar Anda bisa lebih leluasa mewarnai gambar atau pola.

Kedua adalah perhatikan produk spidol. Masing-masing produk memiliki hasil yang berbeda bahkan jika memiliki warna yang sama namun dikeluarkan atau diproduksi oleh tempat atau produsen yang berbeda, hasilnya bisa sangat berbeda. pastikan Anda memilih pewarna dengan tinta cair ini sesuai dengan media yang Anda gunakan. Ketiga adalah komposisi warna. Warna yang dihasilkan tidak hanya tergantung dari bagaimana Anda mengarsirkannya namun juga dari keunikan brand tersebut.

Baca Juga: RAHASIA SPIDOL BEKAS YANG DAPAT ANDA MANFAATKAN UNTUK HAL LAIN

Untuk mewarnai dengan alat tulis tersebut, ada 3 teknik yang bisa Anda aplikasikan sendiri sesuai dengan style atau gaya Anda agar Anda mendapatkan hasil warna yang sesuai dengan yang Anda inginkan. Pertama adalah teknik arsir. Teknik ini dilakukan dengan garis-garis. Keunggulannya, hasilnya bisa lebih rapi namun kelemahannya adalah waktu yang dibutuhkan cukup lama untuk bisa mendapatkan warna atau hasil sesuai dengan yang Anda inginkan.

2 teknik yang lainnya dalam mewarnai dengan menggunakan spidol warna adalah:

  • Pointilis. Teknik ini menggunakan point atau titik yang banyak kemudian terkumpul untuk memadatkan arena media yang akan diwarnai atau digunakan. Keunggulan dari teknik ini adalah hasil warna terlihat lebih artistik misalnya terlihat seperti membatik namun butuh waktu lama untuk bisa menyelesaikan warna di satu titik dan kurang cocok untuk Anda yang ingin mewarnai di media yang besar. Untuk mendapatkan gradasi warna maka Anda harus memperhatikan tekanan pada alat warna yang Anda pergunakan tersebut. Jika terlalu menekan akan memberikan warna yang gelap.
  • Blok. Teknik ini adalah mewarnai dengan memenuhi area bidang yang akan diwarnai. Keunggulannya adalah waktu yang lebih cepat dan cocok untuk mewarnai di area yang cukup besar. Kelemahannya, hasil kurang rapi.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *