Ulasan Seputar Kekurangan dan Kelebihan dari Penggunaan Flashdisk

Komputer menjadi salah satu alat elektronik terpenting saat ini. Hal tersebut disebabkan karena banyak pekerjaan yang harus dikerjakan dengan menggunakan komputer baik jenis PC atau jenis komputer jinjing seperti laptop. Untuk memindahkan file atau untuk menyimpan file selain di device tersebut, butuh tempat penyimpanan tambahan. Selain menggunakan harddisk eksternal, device storage yang paling banyak digunakan adalah flashdisk atau FD.

FD merupakan alat penyimpanan data eksternal yang dihubungkan dengan port USB yang ada di komputer atau device lainnya dan mampu untuk menyimpan file dengan berbagai format data. Device storage ini memiliki berbagai jenis kapasitas penyimpanan. Saat ini, kapasitas penyimpanan umumnya adalah 4, 8, 16 GB dengan harga yang terjangkau. Tempat penyimpanan eksternal ini mampu untuk menyimpan data secara permanen.

Terdapat kekurangan dan kelebihan penggunaan flashdiskKelebihan yang harus Anda ketahui yaitu:

  • Memiliki ukuran yang kecil sehingga lebih mudah untuk dibawa kemana saja dan disimpan di tempat yang tidak terlalu besar.
  • Memiliki kapasitas yang cukup besar sehingga bisa digunakan untuk menyimpan berbagai macam data atau file yang Anda butuhkan mulai dari aplikasi, OS, musik, gambar, film atau yang lainnya.
  • Memiliki harga yang terjangkau. Semakin hari harga dari FD atau flash semakin murah dengan kapasitas yang semakin besar sehingga bisa digunakan untuk menyimpan berbagai macam file.
  • Memiliki beragam macam bentuk dan warna sehingga bisa dipilih sesuai dengan keinginan.

Namun, flash atau FD juga memiliki kekurangan yang harus Anda perhatikan. Kekurangan tersebut diantaranya adalah:

  • Karena ukuran flash tersebut kecil dengan panjang yang umumnya hanya sepanjang jempol jari Anda, maka device storage tersebut mudah untuk hilang apalagi jika warnanya warna netral seperti hitam.
  • Rentan virus. Sama seperti halnya device storage yang lainnya, flash rentan akan virus apalagi jika tidak dilindungi dengan menggunakan software antivirus atau dilakukan scan secara rutin.

Baca Juga: TRIK AGAR FLASHDISK ANDA KEBAL TERHADAP VIRUS

Untuk memilih flashdisk yang akan Anda gunakan sebagai device storage yang awet untuk dipergunakan, ada pertimbangan-pertimbangan berikut ini:

  • Kapasitas dari flash tersebut. Saat ini ada beragam jenis flash dengan kapasitas yang bervariasi yang bisa Anda pilih sesuai dengan yang Anda inginkan dan butuhkan.
  • Merek dari flash tersebut. Pilih merk yang biasanya Anda gunakan dan sekiranya atau menurut Anda merk tersebut memiliki ketahanan yang tinggi atau tidak mudah rusak.
  • Kecepatan dari transfer datanya.
  • Bahan dan bentuk dari flash tersebut sehingga bisa membantu Anda untuk mempermudah membedakan flash yang Anda miliki dengan yang dimiliki oleh orang lain.
  • Fitur security agar flash tidak mudah terserang virus.
  • Harga dari device storage tersebut.
Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *