Ulasan Seputar Mesin Kantor untuk Laminating yang Bisa Dipilih Sesuai Kebutuhan

Ulasan Seputar Mesin Kantor untuk Laminating yang Bisa Dipilih Sesuai Kebutuhan

Laminating merupakan salah satu cara yang dilakukan agar dokumen atau kartu yang dimiliki tidak rusak walaupun sudah tersimpan lama atau sering digunakan. Jika jaman dahulu proses laminating membutuhkan bantuan setrika sebagai perekat lewat panas yang dihasilkan, sekarang sudah ada mesin kantor yang disebut dengan mesin laminating. Ada jenis mesin laminating panas, dingin atau kombinasi antara panas dan dingin.

 Ulasan Seputar Mesin Kantor untuk Laminating yang Bisa Dipilih Sesuai Kebutuhan

Terdapat 3 jenis mesin laminating yaitu mesin laminating panas, dingin dan kombinasi antara panas dan dingin dimana ketiganya memiliki keunggulan dan kelemahan yang berbeda. Mesin laminating panas menggunakan metode thermal laminating untuk proses laminasi. Plastik yang digunakan adalah jenis plastik polypropylene jenis glossy ataupun doff yang memiliki perekat. Untuk dapat menempel maka dibutuhkan suhu sekitar 90-120oC akan tetapi suhu tersebut juga harus disesuaikan dengan jenis plastik yang dipergunakan. Sedangkan jenis plastik yang dipergunakan, Anda bisa mempertimbangkannya lewat hal ini:  

  • Perhatikan mengenai ketahanan dari plastik tersebut terutama untuk jenis laminating panas sehingga plastik tidak meleleh saat masuk mesin laminating.
  • Ukuran dari plastik tersebut karena ada jenis plastik laminating roll yang dapat disesuaikan untuk ukuran bahan yang akan dilaminating dan ada yang sudah dipotong seukuran kertas seperti kertas folio.
  • Harga dari plastik laminating tersebut.

2 mesin kantor untuk laminating yang lainnya yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda yaitu:

  • Laminating dingin menggunakan metode wet yang penggunaannya tanpa harus menggunakan pemanas. Jenis mesin ini cocok untuk laminating dokumen perusahaan atau instansi yang tidak membutuhkan proses laminating masal.
  • Kombinasi panas dan dingin yang menggunakan metode panas dan dingin. Jenis laminating ini banyak digunakan di sekolah, rumah, kantor ataupun di copy center. Mesin laminating ini memiliki ukuran yang lebih kecil sehingga dapat ditempatkan dimana saja.

Mesin laminating panas dan dingin adalah mesin yang paling banyak dijual dipasaran. Hal ini disebabkan karena mesin ini mempunyai 2 metode di dalam mesin laminating yaitu dengan menggunakan metode panas dan dingin. Mesin laminating ini tidak hanya digunakan di kantor namun juga banyak digunakan di rumah, copy center ataupun sekolahan. Tidak hanya karena memiliki 2 metode namun juga ukurannya yang kecil sehingga tidak memerlukan banyak tempat untuk meletakkan mesin laminating ini. 

Terdapat beberapa keunggulan dari mesin kantor laminating panas dingin, diantaranya adalah:

  • Ukuran mesin yang kecil atau standar sehingga tidak perlu banyak tempat untuk menyimpan atau meletakkannya.
  • Dapat digunakan sesuai kebutuhan, apakah ingin menggunakan metode panas atau dingin.
  • Dapat melaminating dokumen yang berukuran kecil atau kartu seperti KTP ataupun dokumen yang berukuran besar hingga ukuran F4.
Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *