Ulasan Seputar Pengertian dan Bentuk Stempel yang Banyak Ditemukan

Jika Anda pernah datang ke suatu institusi atau di perusahaan atau bahkan di suatu komunitas ataupun di organisasi, untuk menunjukkan jika surat tersebut sudah disetujui atau diketahui, maka diperlukan cap dari pihak yang berkaitan. Untuk mendapatkan cap atau tanda bukti tersebut maka Anda butuh alat yang disebut dengan stempel. Alat cap tersebut memiliki beragam jenis bentuk yang bisa Anda temukan di pasaran atau yang paling banyak dipergunakan.

Pertama adalah bentuk lingkaran. Bentuk dari alat cap ini adalah yang paling banyak dipergunakan dan paling sering ditemui. Bentuk cap ini paling banyak dipergunakan tidak hanya oleh suatu instansi pemerintah namun juga instansi sekolahan, organisasi ataupun perusahaan. Bentuk cap jenis ini memberikan kesan yang formal sehingga banyak institusi formal yang mempergunakan bentuk lingkaran untuk capnya. Biasanya perusahaan akan menggabungkannya dengan elemen seperti logo sehingga tidak terkesan kaku atau lebih terlihat dinamis.

Kedua adalah berbentuk oval. Bentuk oval untuk stempel ini digunakan untuk instansi sekolah ataupun pemerintah namun untuk kebutuhan khusus yang ada di lingkup institusi yang berkaitan misalnya untuk kepanitian suatu acara, cap perusahaan, sub divisi. Jenis cap yang berbentuk oval ini mempunyai kekuatan hukum yang sifatnya mengikat di kelompok tertentu di institusi yang berkaitan. Namun, bagi perusahaan yang termasuk badan usaha mandiri, cap yang bentuk oval ataupun lingkaran tidak mempunyai pengaruh yang begitu mengikat seperti untuk institusi formal.

Baca Juga: MEMBUAT STEMPEL PRIBADI YANG BISA DI PESAN SESUAI KEBUTUHAN

Ketiga adalah bentuk segi empat. Jenis cap ini untuk institusi formal biasanya akan dipergunakan untuk tim kecil misalnya yang menangani event tertentu yang sifatnya temporer sehingga setelah acara tersebut selesai maka alat cap ini tidak bisa untuk dipergunakan kembali. Bentuk cap ini juga biasanya dipergunakan untuk tanda lunas suatu transaksi, penanda surat penting ataupun untuk template penomoran inventaris peralatan atau yang lainnya.

Keempat adalah bentuk bebas. Jenis stempel ini lebih banyak dipergunakan oleh suatu perusahaan yang merupakan suatu badan mandiri atau lembaga non formal dan komunitas. Dengan bentuk yang bebas, misalnya berbentuk seperti logo perusahaan tersebut, membuat cap ini juga bisa dipergunakan untuk branding. Kebebasan alat cap ini tidak hanya bentuknya saja namun juga warna dan teknik penggunaannya. Ada beberapa cap yang bisa untuk beberapa warna, ada yang warnanya pink, atau warna yang lainnya. Umumnya, untuk membuat cap diperlukan tinta agar dapat menghasilkan cetakan atau gambar atau tulisan sesuai dengan yang ada di alat tersebut namun ada juga yang menggunakan teknik ketok sehingga menghasilkan embos. Dengan teknik tersebut, permukaan kertas akan memiliki tekstur timbul yang sesuai dengan bentuk dari alat cap tersebut sehingga bisa menjadi suatu ciri tersendiri untuk perusahaan atau pihak tertentu yang menggunakannya.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *